WhatsApp kini telah meluncurkan aplikasi di Windows yang mampu bekerja secara mandiri tanpa perlu dihubungkan melalui smartphone.

Beberapa tahun yang lalu, WhatsApp sempat dikabarkan tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp Web tanpa perlu menghubungkannya terlebih dulu ke aplikasi yang berada di smartphone. Akhirnya, kini WhatsApp resmi menghadirkan fitur tersebut untuk seluruh pengguna aplikasi mereka. 

Dilansir dari The Verge (17/8), anak perusahaan Meta ini dilaporkan telah meluncurkan aplikasi baru untuk pengguna WhatsApp di perangkat Windows. Pembaruan di situs WhatsApp mengungkap, aplikasi perpesanan di Microsoft Windows sudah bisa diunduh pengguna melalui layanan Microsoft Store. 

WhatsApp lebih dulu menghadirkan aplikasi di Windows dalam versi beta sebagai uji coba yang dilakukan untuk beberapa pengguna. Pada aplikasi versi terbaru ini, pengguna tidak diharuskan untuk menautkan perangkat smartphone ketika hendak mengirim, menerima dan menyinkronkan pesan. 

Seperti yang diketahui, pengguna layanan perpesanan ini sebelumnya harus mengunduh aplikasi desktop atau mengaksesnya melalui browser web jika ingin menggunakan WhatsApp di Windows. Kala itu, WhatsApp juga mewajibkan pengguna untuk menautkan perangkat smartphone ketika ingin mengakses layanan tersebut lewat Windows. 

The Verge melaporkan, aplikasi WhatsApp baru ini resmi dihadirkan oleh perusahaan untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi Windows. Sebagaimana diterangkan pihak WhatsApp, kehadiran fitur ini dapat membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan responsif.

Aplikasi WhatsApp yang didesain ulang ini akan memiliki antarmuka yang sedikit lebih bersih jika dibandingkan dengan versi aplikasi sebelumnya. Sementara itu, perubahan terbesar yang dihadirkan yakni pengguna tidak perlu lagi membuat mengaktifkan jaringan ponsel untuk menyinkronkan pesan pada aplikasi yang berada di smartphone dan desktop. 

Fitur multi-perangkat WhatsApp ini telah sepenuhnya diluncurkan dan keluar dari versi beta. Ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan hingga empat perangkat yang berbeda ke akun WhatsApp mereka, tanpa perlu menggunakan ponsel.

Artinya, kini pengguna tidak perlu mengaktifkan perangkat cerdas mereka ketika akun WhatsApp yang dimiliki telah ditautkan di perangkat Windows. Lewat pembaruan ini, aplikasi yang berada di Windows akan bisa terakses kendati layanan internet pada smartphone pengguna dimatikan. Aplikasi WhatsApp di Windows ini juga akan tetap mempertahankan fitur keamanan E2E yang ada. 

Selain pada perangkat Windows, aplikasi perpesanan milik Meta ini kemungkinan juga tengah menyiapkan peluncuran di perangkat macOS. Pihak WhatsApp mengatakan, sedang bekerja untuk menghadirkan aplikasi asli di perangkat desktop milik Apple juga. 
 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.