Dalam rangka merayakan tahun ke-10 Google Play Store, perusahaan memperlihatkan tampilan logo baru dari layanan toko aplikasi tersebut.

Pada peringatan 10 tahun berdirinya layanan toko aplikasi Google Play Store, Google menunjukkan tampilan baru dari logo layanan tersebut. Perubahan yang paling menonjol adalah warna logo saat ini lebih redup daripada versi Play Store sebelumnya. 

Melansir dari Engadget (26/7), Google dilaporkan meluncurkan Play Store pertama kali pada tahun 2012. Perilisan tersebut dimaksudkan untuk menyatukan semua toko online yang ada pada masa itu di bawah naungan satu payung besar. Penyatuan ini meliputi Android Market (toko aplikasi), musik, e-book dan video. 

Lewat peluncuran layanan tersebut, pengguna dapat secara efektif membeli apa pun yang ditawarkan Google melalui satu situs web atau beberapa aplikasi. Selain itu, pengguna juga dapat berbelanja kios koran digital dan produk perangkat keras seperti Nexus dan Chromebook pada layanan Google Play Store. 

Berselang sepuluh tahun setelah diluncurkan oleh Google, layanan ini menjadi sangat populer dan berperan penting bagi sistem operasi Android. Bahkan, laporan Engadget menyebut, saat ini lebih dari 2,5 miliar orang di 190 negara diprediksi menggunakan layanan toko aplikasi tersebut setiap bulannya.

Sementara itu, The Verge mengungkap, perubahan logo Play Store menampilkan warna yang lebih redup daripada sebelumnya. Logo tersebut kini menampilkan warna hijau, kuning, biru dan merah yang sesuai dengan layanan lain dari Google. 

“Kami memperkenalkan logo baru yang lebih mencerminkan keajaiban Google dan cocok dengan branding yang dibagikan oleh banyak produk kami yang bermanfaat – Search, Assistant, Photos, Gmail, and more,” ujar VP Google Play, Tian Lim, seperti dikutip dari The Verge

Saat ini, Google mengklaim, Play Store telah bekerja sama dengan lebih dari dua juta pengembang aplikasi, gim dan konten digital. Menurut Lim, kerja sama ini terjalin agar developer dapat menjangkau pelanggan dari seluruh dunia. 

Selain menghadirkan logo baru, Google juga juga menawarkan peningkatan ke Google Play Points untuk menandai 10 tahun berdirinya Google Play. Pengguna yang mengaktifkan fitur penguat poin bisa mempunyai kesempatan mendapatkan 10 kali poin untuk pembelian di sebagian besar item pada aplikasi yang ada. 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.