Selain jadi teman terbaik untuk beraktivitas dan berolahraga, Galaxy Watch4 juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Meskipun kini perangkat wearable sudah menjadi bagian dari fashion, namun kegunaan perangkat ini sebenarnya adalah untuk membantu pengguna melacak kondisi badan mereka. Oleh karena itu, berbagai perangkat wearable, termasuk smartwatch memiliki banyak fitur kesehatan.

Salah satu contoh smartwatch yang memiliki fitur kesehatan terlengkap adalah Samsung Galaxy Watch4. Berbagai fitur, mulai dari asisten olahraga hingga pengukur kondisi badan pun disematkan secara lengkap.

Tapi tahu enggak sih, selain digunakan untuk berolahraga, smartwatch ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur kalian. Sebab, ada beberapa fitur di Galaxy Watch4 yang sangat berguna.

Dari studi yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, mereka menemukan bahwa fitur pengukuran SpO2 merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas tidur kita.

Sebelumnya, para peneliti menggunakan alat pengukuran SpO2 polisomnografi (PSG). Alat yang satu ini biasa digunakan di bidang medis, dimana dapat mengukur oksigen yang menentukan gangguan tidur yang disebut sebagai OSA.

Gangguan ini umumnya ditandai dengan obstruksi jalan napas atas berulang selama tidur, mengakibatkan desaturasi oksigen, sering terbangun, dan peningkatan aktivitas simpatis. Dan dalam studi ini, mereka mengumpulkan data dari 97 orang dewasa, dengan gangguan tidur dari usia 13-44 tahun.

Ternyata, selama pengujian, tingkat akurasi pengukuran SpO2 di Galaxy Watch4 memiliki akurasi yang tinggi. Oleh karena itu, perangkat ini dapat mengolah data yang ada dan memberikan pengguna data yang akurat mengenai kesehatan fisik dan mental mereka.

Namun, bagaimana cara Galaxy Watch4 dapat membantu pengguna untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik? Salah satu hal yang disematkan adalah fitur bernama Sleep Analysis

Selain memantau oksigen saat tidur, fitur ini juga mengukur pola bernapas serta pola dengkuran. Data ini kemudian digabungkan sehingga pengguna dapat melihat bagaimana kualitas tidur mereka setiap malam.

Tidur lebih berkualitas bersama Galaxy Watch4

Data ini kemudian akan ditampilkan di fitur Sleep Coaching, dimana merupakan sebuah fitur yang akan membantu pengguna menjalankan kebiasaan tidur yang lebih baik. 

Sleep Coach akan melacak pola tidur pengguna selama 7 hari sehingga Sleep Symbol Animals dapat diberikan kepada profil tidur pengguna, berupa satu dari delapan icon binatang yang masing-masing menandakan pola tidur pengguna. 

Contohnya, Lion menandakan kualitas tidur baik sehingga bangun pagi menjadi lebih semangat, atau Penguin yang menandakan bahwa kualitas tidur kurang nyenyak yang menghasilkan perasaan grogi saat bangun.

Lalu, Galaxy Watch4 akan memberikan misi seru yang harus diselesaikan, artikel tentang tidur, arahan meditasi, hingga laporan akhir yang membantu pengguna mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Pengelompokan Sleep Symbol akan memastikan program ini lebih personal dan sesuai kebutuhan pengguna. Sebagai contoh, bila pengguna mencatat bahwa hari itu pengguna sulit tertidur, program ini akan memberikan tips, pengingat, ataupun checklist untuk membantu, seperti menghindari makanan ringan di malam hari, dan tidak mengkonsumsi kafein setelah jam tertentu. Dengan demikian, tidur menjadi lebih berkualitas, membantu pengguna mencapai wellness berkat kesehatan mental yang lebih baik.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.