Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy Z Fold4 resmi diluncurkan secara global, pada hari Rabu (10/8/2022) di acara Galaxy Unpacked yang sudah sangat ditunggu-tunggu. Spesifikasi Galaxy Z Fold4 mengalami peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Samsung Galaxy Z Fold4 merupakan geberasi keempat dari jajaran smartphone lipat dari seri Galaxy Z, yang sudah ditelorkan perusahaan asal Korea Selatan itu.

Sesuai dengan beberapa bocoran yang sudah beredar sebelumnya, Galaxy Z Fold4 membawa kemampuan kamera yang jauh lebih baik dibanding seri Galaxy Z Fold3.

Selain itu, dari sisi form factor juga mengalami peningkatan, karena di generasi keempat ini menawarkan body dan engsel yang lebih kuat, dan memiliki bobot yang lebih ringan serta lebih ramping daripada generasi sebelumnya.

BACA JUGA:

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4 adalah smartphone pertama yang berjalan pada One UI 4.1.1 berbasis Android 12L, versi khusus Android yang dibuat oleh Google untuk pengalaman layar besar, termasuk perangkat yang dapat dilipat.

Spesifikasi Galaxy Z Fold4 hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2X Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci sebagai layar utamanya. Layar ini memiliki resolusi QXGA+ (2.176×1.812 piksel) LTPO dan aspek rasio 21.6:18, dengan refresh rate adaptif dari yang terendah 1Hz hingga 120Hz.

Sementara untuk layar sekunder saat dalam posisi dilipat (cover screen) menggunakan layar HD+ berukuran 6,2 inci (904×2,316 piksel) Dynamic AMOLED 2X Display dengan refresh rate adaptif hingga 120Hz dan aspek rasio 23,1:9.

Samsung mengatakan bahwa ponsel ini menggunakan bezel aluminium dan penutup engsel yang lebih kokoh dari generasi sebelumnya. Layar penutup dan panel belakang juga lebih kuat karena mendapat perlindungan Corning Gorilla Glass Victus+.

Untuk dapur pacunya, spesifikasi Galaxy Z Fold4 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, yang diklaim 10 persen lebih bertenaga dibanding chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakan Galaxy S22 Series.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 12GB (LPDDR5) dengan tiga opsi media penyimpanan UFS 3.1, masing-masing dengan kapasitas 256GB, 512GB, dan 1 TB, yang menjadi penyimpanan internal terbesar hadir di seri Galaxy Z Fold.

Kapasitas baterainya masih sama dengan seri sebelumnya, 4.400 mAh dengan mengusung teknologi pengisian cepat dengan kabel 25 watt, dan fast charging tanpa kabel (PowerShare) 15 watt. Ponsel ini diklaim dapat mengisi daya hingga 50 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Untuk foto dan video, Galaxy Z Fold4 memiliki total lima kamera, yakni satu di cover display, satu main display (layar utama), dan tiga kamera di panel belakang.

Tiga kamera di bagian belakang dengan konfigurasi kamera utama 50MP dengan aperture f/1.8, yang dilengkapi fitur dual-pixel autofocus, optical image stabilisation (OIS), dan memiliki bidang pandang 85 derajat.

Masih di belakang, ada juga kamera ultrawide 12MP (bukaan lensa f/2.2) dengan bidang pandang 123 derajat. Dan yang ketiga ada kamera telefoto 10MP dengan bukaan lensa f/2.4, dan mendukung optical zoom hingga 3x dan SpaceZoom hingga 30x yang dibantu teknologi AI Super Resolution dan OIS.

Kemudian kamera depan di bawah layar utama Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki sensor 4MP dengan bukaan f/1.8, dan kamera depan di cover screen memiliki sensor 10MP dengan bukaan lensa f/2.2. Kamera depan ini masih sama yang disematkan di Z Fold3.

Untuk pilihan konektivitasnya, ponsel ini sudah dilengkapi teknologi 5G, 4G LTE, Wi-Fi 6E, Bluetooth v5.2, dan port USB Type-C. Samsung juga menyematkan sejumlah sensor, seperti sensor sidik jari yang ada di samping, sensor akselerometer, barometer, sensor gyro, sensor geomagnetik, sensor jarak, dan sensor cahaya.

Fitur pendukung di Galaxy Z Fold4 antara lain fitur Quick App Switching untuk multitasking dalam perangkat lunak One UI terbaru, yang memungkinkan pengguna untuk salin dan tempel tautan dengan cepat, foto, dan lainnya dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan hanya mengeklik ikon aplikasi, langsung dari area taskbar di bawah layar.

Kemudian ada juga fitur Flex Mode yang kini mendukung berbagai aplikasi dan media sosial populer, seperti Facebook Netflix, Disney Plus, Microsoft Teams, Google Meet, dan juga YouTube, serta dukungan touchpad saat pengguna di dalam tampilan Flex Mode.

Samsung juga menyematkan fitur keamanan Samsung Knox, serta dukungan aksesoris S Pen, dan sudah mengantongi rating IP68 untuk tahan debu dan air.

Ponsel lipat ini memiliki dimensi 155,1 x 130,1 x 6,3 mm dengan bobot 263 gram (lebih ringan dari Galaxy Z Fold3 yang berbobot 271 gram).

BACA JUGA:

Harga Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4

Harga Samsung Galaxy Z Fold4 di pasar global dibanderol mulai USD 1.799 atau sekita sekitar Rp 26,6 juta. Harga Galaxy Z Fold4 itu ditawarkan dalam beberapa varian penyimpanan, mulai dari 12GB RAM + 256GB, 12GB RAM + 512GB, dan 12GB RAM + 1TB.

Saat diluncurkan, Samsung Galaxy Z Fold4 ditawarkan dalam empat varian warna, yakni Phantom Black, Graygreen, Beige, dan Burgundy yang dikeluarkan secara eksklusif. [SN/HBS]

Artikel ini bersumber dari telset.id.