Techbiz.id – Xiaomi telah meluncurkan produk ekosistem terbarunya Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite yang dapat membantu tugas rumah seperti menyapu dan mengepel. Bagaimana keunggulan robot vakum ini? Simak review Xiaomi Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite.

Hadirnya teknologi saat ini semakin memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah asisten rumah tangga yang serba pintar ini.

Bagi pengguna yang memiliki waktu padat dan tidak sempat membersihkan lantai, dapat mengandalkan Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite sebagai teman terbaik pembersih ruangan.

Pasalnya, Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite ini bisa diandalkan untuk melakukan tugas ringan seperti menyapu sekaligus mengepel lantai.

Review Xiaomi Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite

Sebelum kita membahas lebih jauh mari kita lihat apa saja isi di dalam kemasan Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite:

  • 1 Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite
  • 2 kain pel
  • 2 sikat samping
  • 1 wadah debu
  • 1 tangki air
  • 1 dock pengisi daya dan kabel power
  • 1 sikat
  • 1 alat pembersih
  • 1 panduan pengguna

Desain yang fleksbiel dan stylish

Robot penyedot debu pintar ini memiliki desain yang stylish sehingga terlihat bagus untuk ruangan minimalis. Memiilki bentuk lingkaran dengan ukuran 353 mm x 353 mm dan ketebalan 81mm.

Berkat ketebalannya, Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite ini mampu menjangkau seluruh ruangan dengan baik.

Pada bagian atas perangkat ini memiliki dua tombol dan satu buah wadah debu yang dapat dilepas-pasang. Sementara dibagian depannya, terdapat beragam sensor yang berfungsi sebagai indra untuk perangkat ini.

Secara keseluruhan, desain yang ditawarkan menurut kami cukup menarik. Apalagi dengan warna putih yang tentunya netral dan “nyambung” untuk segala bentuk dekorasi ruangan.

Pengujian Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite

Pengujian kali ini dilakukan untuk lantai kamar dengan luas 3×2 meter dan ruang tamu seluas 6×5 meter. Dengan daya yang sudah penuh 100%.

Pada ruangan seluas 6×5 meter (ruang tamu), robot pintar ini hanya memakan 40% daya baterai dengan mode Vaccum (Medium) + Mop (high). Estimasi area yang dibersihkan 15.2 meter dan memakan waktu sekitar 20 menit.

mi robot vaccum mop 2 lite

Sementara itu untuk kamar 3×2 meter hanya menghabiskan 20% daya baterai. Mode yang digunakan masih sama yaitu Vaccum dengan kecepatan medium dan Mop dengan tingkat air High. Area yang dijangkau adalah 8 meter dengan estimasi waktu pembersihan selama 12 menit.

Saya mencoba untuk menguji dengan mode Mop only. Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite ini hanya menghabiskan 20% baterai saja. Artinya, lebih irit dibanding melakukan tugas vaccum only atau vaccum + Mop.

Bagaimana kekuatan penghisapnya? Saya melakukan uji coba dengan butiran beras, debu, rambut, dan sobekan tisu.

Debu-debu halus dapat dengan mudah dihisap dengan mode paling rendah sekalipun, yaitu mode silent. Sementara untuk debu kasar, rambut, dan butiran beras dapat dihisap dengan mode turbo.

Berbeda dengan sobekan tisu yang rada susah dihisap meski menggunakan mode turbo. Pengamatan saya, sobekan tisu tersebut tersangkut disela-sela ‘mulut’ perangkat ini.

bagian bawah mi robot vaccum mop 2 lite

Selanjutnya, jika terdapat noda menempel pada lantai, Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite ini belum bisa menghilangkan 100%.

Dilengkapi berbagai mode

Pengguna bisa dengan leluasa memilih mode yang tepat. Terdapat tiga skema yaitu Vaccum, Mop, dan Vaccum + Mop.

Selain itu, kecepatan vaccum juga bisa dipilih mulai dari silent, standart, medium, dan turbo. Untuk mode turbo, jangan heran jika perangkat ini mengeluarkan suara yang bising.

Wajar saja, sebab mode turbo memiliki kekuatan penghisap yang lebih kuat dibanding mode yang lain.

Sementara pengguna pun juga bisa menyetel tingkat air mulai dari low, medium, dan high.

Kekuatan baterai dan pengisian

review xiaomi mi robot vaccum mop 2 lite

Xiaomi Mi Robot Vaccum+Mop 2 Lite memliki baterai berkapasitas 2600mAh.

Melalui pengamatan saya, ketika baterai sudah menyentuh 20%, maka secara otomatis perangkat ini kembali ke dock charge untuk pengisian ualng.

Waktu pengisian juga terbilang lumayan memakan waktu. Dari 1% – 100% membutuhkan waktu sekitar 3,5 – 4 jam.

Kontrol dengan Smartphone

Pengguna bisa melakukan kontrol, update perangkat lunak, melihat history, dan merubah mode hanya dengan smartphone.

Aplikasi Mi Home yang tersedia di Google Play Store dapat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat ini.

Dalam aplikasi tersebut akan ditampilkan informasi area mana saja yang sudah dibersihkan oleh Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur penjadwalan.

Kesimpulan Review Mi Robot Vaccum Mop 2 Lite

Selama hampir 2 minggu bersama perangkat ini, saya tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk sekedar menyapu dan mengepel lantai.

Namun, tetap saja peran manusia masih dibutuhkan. Sebelum melakukan pembersihan, saya harus memindahkan beberapa barang yang saya anggap menghalangi jalan si robot pintar ini.

Ini bertujuan agar Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite dapat menjangkau area yang lebih luas.

Jika ditanya berapa rate dari 0 – 100, Mi Robot Vaccum-Mop 2 Lite sudah hampir sempurna dengan skor 80.

Robot pintar ini dibanderol Rp2.799.000 yang bisa didapatkan melalui e-commerce kesayangan.

Baca Juga:

Artikel ini bersumber dari techbiz.id.