Hadir dengan bentuk yang ramping, MSI Stealth 15M – B12U menawarkan performa yang mumpuni serta sistem pendingin yang baik.

Belakangan ini desain laptop sudah makin ramping. Memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi penggunanya. Spesifikasi yang ditawarkan juga terus meningkat. Bahkan, beberapa vendor sudah berhasil menawarkan laptop ramping yang sangat bertenaga.

Salah satu laptop ramping dengan spesifikasi tinggi yang sempat mampir ke meja redaksi kami adalah MSI Stealth 15M -B12U. Laptop ini hadir dengan spesifikasi cukup tinggi dan sudah menggunakan prosesor milik Intel terbaru.

Bagaimana pengalaman saya memakainya, berikut ulasannya.

 

Ramping dan elegan

Laptop sekarang memang banyak menawarkan desain yang tipis. Namun menariknya, desain tipis tak hanya bisa ditemui pada laptop mainstream saja. Karena laptop gaming, juga mulai banyak menawarkan desain yang tipis. Salah satunya MSI Stealth 15M – B12U.

MSI Stealth 15M – B12U ini hadir dengan ketebalan hanya 17 mm. Desainnya mengotak, namun membulat pada ujung-ujungnya. Ada perubahan logo dan desain pada covernya, di mana seri baru Stealth 15M ini menggeser logo Dragon dan brand MSI dengan akses hologram ini merapat ke sisi kanan cover. Covernya terasa halus dengan finishing metalik berwarna hitam.

Meski tipis, MSI Stealth 15M – B12U dibekali dengan konektivitas yang cukup beragam. Di sisi kanan ada port HDMI, 1x USB type-A 3.2 Gen1, dan 1x Type-C USB3.2 Gen2, 1x Type-C (USB3.2 Gen2 / DP). Sedangkan di sisi kiri ada port pengisian daya, 1x USB type-A 3.2 Gen1, 1x mikrofon dan headphone.

Hal yang cukup menarik adalah area pembuangan udara. MSI 15M – B12U memilki area pembuangan udara yang berlimpah. Hampir di setiap sisi, baik sisi kanan, kiri, juga belakang memiliki lubang pembuangan udara panas. Awalnya saya pikir itu slot USB, banyak sekali.

Berpindah ke area dalam. Seri ini hadir dengan layar 15,6 inci FHD 1932 x 1080 piksel. Layarnya terlihat sangat lega berkat bezelnya yang tipis. Namun, kalian akan tetap mendapatkan webcam di bezel bagian atas layar.

Desain engselnya tidak banyak berubah, cukup kokoh menopang layarnya saat dibuka pada setiap skema kemiringan. Desain lubang-lubang dengan area yang cukup luas juga masih tampak di bagian atas keyboard. Lubang-lubang ini tampaknya menjadi area untuk sirkulasi udara, berikut tempat keluarnya audio yang didukung Nahimic by SteelSeries.

Untuk keyboardnya, MSI Stealth 15M menggunakan keyboard ekslusif dengan backlit spectrum. Kalian akan mendapatkan keyboard dengan tampilan warna backlit yang berbeda di beberapa area.

Karakter dari keyboardnya sangat empuk dan ringan. Ukurannya juga cukup besar dengan jarak yang ideal untuk membantu mengetik. Ketika ditekan, jaraknya cukup pendek. Menurut saya keyboarnya nyaman dipakai bermain gim atau bekerja.

Touchpadnya juga cukup luas. Mendukung pergerakan kursor yang mulus dan responsif.

Urusan pembuangan udara, MSI 15M – B12U punya fitur pembuangan udara yang berlimpah. Hampir di setiap sisi, baik sisi kanan, kiri, juga belakang memiliki lubang pembuangan udara panas. 

Meski begitu, awalnya saya meragukan kenyamanannya. Mengingat pembuangan udara ke arah kanan, notabene tempat tangan mengoperasikan mouse berada akan tersembur udara panas. Nyatanya, keluaran udaranya tidak panas, meski sedang dipakai bermain gim berat dan kipas berputar maksimal. Saya tidak terganggu sama sekali dengan pembuangan udaranya. Ini keren!

 

MSI Center

Untuk kemudahan konfigurasi laptop, MSI menyertakan software dukungan bernama MSI Center. Kalian bisa mendapatkan berbagai informasi serta pengaturan lainnya untuk memaksimalkan performa MSI Stealth 15M – B12U ini.

MSI Center dapat menampilkan kinerja CPU dan GPU yang sedang aktif, termasuk suhu dari CPU dan GPU-nya, penggunaan storage, dan memori yang terpakai. Di sini kalian juga dapat melihat spesifikasi lengkap dari laptop ini, mulai dari seri prosesor, besaran RAM, seri GPU, besaran storage, juga kecepatan jaringan LAN atau WiFi.

Di tab kedua, tempat dimana banyak dukungan pengaturan yang bisa mendukung performa penggunaan laptop. Kalian bisa mengatur kecepatan kipas atau menyerahkan pada mode  Smart Auto yang didukung AI sehingga akan secara otomatis mengatur kecepatan kipas tergantung aplikasi apa yang sedang dibuka. 

Umumnya, jika mengaktifkan Smart Auto, pada saat kalian membuka aplikasi gaming dan benchmark maka kipas akan berputar lebih kencang. Atau kalian bisa mengaktifkan Extreme Performance jika kalian memang akan menjalankan aplikasi editing atau bermain gim.

Bagi yang gemar bermain gim kompetitif, kalian bisa mengandalkan MSI Companion untuk memantau kestabilan frame rate. Kalian juga bisa merekam sesi bermain gim kalian, dan menjadikan kompilasi video keren dari potongan-potongan video tersebut.

MSI Center juga memiliki fitur untuk mengecek seberapa optimal sistem kalian dan memberikan opsi untuk menjaga kesehatan baterai pada laptop MSI Stealth 15M – B12U. Termasuk cara untuk me-revocery laptop ketika ada masalah.

Dengan MSI Center, kalian sudah tidak perlu lagi menginstal aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan apa yang kalian butuhkan.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.