Telko.id – Program DCE atau Digital Creative Entrepreneurs dari Telkomsel gelar lokakarya bisnis bagi entrepreneur disabilitas yang merupakan salah satu program tanggung jawab sosialnya. Lokakarya ini juga menjadi langkah penguatan peran operator ini Official Mobile Partner XI ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Lokakarya bisnis ini bertemakan ‘Strategi Menjadi UMKM Kreatif di Era Digital’ untuk 50 orang entrepreneur penyandang disabilitas anggota komunitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Kotamadya Solo dan sekitarnya pada Sabtu (30/7).

“Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel membuka peluang kemajuan selulas-luasnya bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk berkembang dan berbisnis di digital termasuk bagi para entrepreneur dan pelaku UMKM dari kalangan penyandang disabilitas,” kata Mohamad Ramzy, Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Telkomsel.

Telkomsel menyadari bahwa untuk mencapai cita-cita Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 dan Indonesia Emas 2045, tidak boleh ada yang tertinggal di belakang.

“Terinspirasi dari semangat kesetaraan di momen perhelatan internasional ASEAN Para Games 2022, melalui program DCE kami juga ingin menunjukkan bahwa siapapun mempunyai kesempatan yang sama dalam berkarya dan membuka peluang kemajuan di dunia digital, termasuk para penyandang disabilitas yang punya aspirasi untuk menjadi pelaku UMKM dan memiliki kapabilitas setara untuk menjadi lebih sukses,” ujar Ramzy menambahkan.

Sebagai bagian dari rangkaian pengembangan kompetensi UMKM oleh Telkomsel, program DCE melangsungkan sebuah lokakarya dengan tema ‘Strategi Menjadi UMKM Kreatif di Era Digital’ pada hari Sabtu (30/7) di Hotel ASTON Solo Ballroom.

Pada lokakarya tersebut, 50 peserta dari keangan entrepreneur disabilitas mendapatkan materi pengembangan bisnis digital tentang dasar branding dan pemasaran dari Creativepreneur Wahyu Liz Adaideaia, tentang konten dan tren visual kreatif dari Pemilik Bisnis Invektor Dian Bayu, serta tentang utilisasi dan strategi digital platform dari manager Regional SME Jwa Bali Telkomsel Estining Putut P.

Digital Creative Entrepreneur (DCE) sendiri merupakan program unggulan Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel yang menyediakan platform solusi dan inkubasi bagi para entrepreneur khususnya UMKM Kreatif Indonesia.

Melalui serangkaian kegiatan seperti Entrepreneurship Class, Talent Sourcing Initiative, Workshop, Mentoring, hingga Virtual Festival, para entrepreneur pelaku bisnis digital dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka dengan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel, mulai dari pemanfaatan jaringan terdepan, akses ke jutaan pelanggan, hingga produk dan layanan digital Telkomsel pada segmen entrepreneur/UMKM seperti 99% Usahaku, Kuncie, dan MyAds.

Melalui serangkaian kegiatan seperti Entrepreneurship Class, Talent Sourcing Initiative, Workshop, Mentoring, hingga Virtual Festival, para entrepreneur pelaku bisnis digital dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka dengan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel, mulai dari pemanfaatan jaringan terdepan, akses ke jutaan pelanggan, hingga produk dan layanan digital Telkomsel pada segmen entrepreneur/UMKM seperti 99% Usahaku, Kuncie, dan MyAds.

Pada 2021, program DCE telah menarik lebih dari 900 pelaku UMKM terdaftar yang terkurasi menjadi 150 peserta dan terbagi menjadi 4 kategori: makanan dan minuman, kerajinan tangan, busana, dan usaha mikro. Untuk informasi lebih lanjut tentang program DCE Telkomsel, akses tautan dce.co.id.

“Program DCE menjadi salah satu bentuk realisasi komitmen Telkomsel dalam pengembangan kapabilitas dan kompetensi talenta digital. Selaras dengan semangat ‘Striving for Equality’, kami harap lokakarya DCE dapat memperluas peran Telkomsel sebagai Official Mobile Partner XI ASEAN Para Games 2022 dalam membuka peluang untuk menyatukan semangat kita dalam menjunjung keseteraan, berbagi inspirasi, dan mewujudkan #CiraJadiNyata,” pungkas Ramzy.

Sebagai Official Mobile Partner XI ASEAN Para Games 2022, Telkomsel telah memastikan kesiapan akses konektivitas andal dan terdepan untuk mendukung aktivitas digital para pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri untuk mengabadikan keseruan momen selama penyelenggaraan XI ASEAN Para Games 2022 di Solo.

Telkomsel telah melakukan peningkatan kapasitas dan optimalisasi kualitas infrastrktur jaringan broadband terdepan guna menunjang konekntivitas digital di 14 arena pertandingan XI ASEAN Para Games 2022 serta lokasi-lokasi pendukungnya, seperti akomodasi atlet dan panitia, media center, tempat wisata, hingga bandara.

Telkomsel juga menghadirkan kemudahan untuk pengalaman komunikasi dan aktivitas digital berkualitas dengan jaringan terbaik. Melalui komite resmi XI ASEAN Para Games 2022 (INASPOC), Telkomsel menyediakan 2.500 Telkomsel Prepaid Tourist Card guna mendukung kelancaran komunikasi para atlet, panitia, jurnalis, serta relawan XI ASEAN Para Games 2022 yang hadir dari berbagai negara ASEAN. (Icha)

Artikel ini bersumber dari telko.id.