Pijar Foundation gandeng Microsoft untuk mempromosikan transparansi pada pemerintah daerah dan mengakomodasi partisipasi publik melalui e-governance.

Melalui program Future Skills, Pijar Foundation menggandeng Microsoft dalam pengembangan kapasitas mahasiswa di Indonesia melalui program Microsoft Berpijar “Digitalizing Indonesia through Future Talents”. Direktur Future Skills, Pijar Foundation Ageng Sajiwo, mengungkap program ini akan melibatkan lebih dari 20 ribu mahasiswa lintas fakultas di berbagai universitas di Indonesia untuk meningkatkan kapasitasnya dalam memberdayakan masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal dan pemerintah daerah.

Dalam implementasinya, program yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar ini akan dilaksanakan secara campuran teori praktis sampai dengan proyek implementasi, di mana peserta akan mendapatkan sertifikasi yang bisa dikonversi dan setara hingga 20 SKS di akhir program.

“Microsoft Berpijar memiliki misi untuk mempersiapkan pengetahuan dan keterampilan pelajar agar menjadi talenta digital yang menyebar di seluruh provinsi di Indonesia. Selain itu, ia berharap talenta digital lokal nantinya dapat berkontribusi langsung terhadap pembangunan di daerah tempat mereka tinggal,” kata Ageng Sajiwo.

Pengetahuan dan keterampilan yang didapat peserta Microsoft Berpijar diharapkan dapat diaplikasikan bagi penyelesaian masalah pemerintah daerah dan UMKM lokal. Program ini pun menawarkan solusi yang berkelanjutan sesuai dengan visinya untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima dan UMKM yang terdigitalisasi.

Adapun tujuan utama dari program ini adalah mempromosikan transparansi pada pemerintah daerah dan mengakomodasi partisipasi publik melalui e-governance, yang mana mampu membangun akuntabilitas dari Pemda sekaligus meningkatkan efisiensi pelayanan publik.

Dari sisi perkembangan UMKM, program ini mencoba desentralisasi atau pemerataan digitalisasi UMKM dan mendorong pembangunan kapabilitas dalam bisnis digital. Hal ini dilakukan agar manfaat perkembangan teknologi tak hanya dirasakan oleh UMKM di perkotaan yang memiliki akses. Tak hanya itu, Microsoft Berpijar pun mencoba meningkatkan engagement UMKM ke pasar yang lebih luas, termasuk menganalisa perubahan pada perilaku konsumen.

Microsoft Berpijar merupakan bagian dari salah satu program Future Skills yang dinaungi oleh Pijar Foundation. Future Skills merupakan super-app pengembangan talenta yang menawarkan program perkuliahan gratis, mentorship, magang serta kelas asinkronus dengan orientasi keterampilan yang dibutuhkan di masa mendatang. Selain itu, Future Skills membangun ekosistem dengan menghubungkan sektor-sektor strategis dari ranah privat, pemerintah, institusi pendidikan, LSM, serta komunitas.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.