Telset.id – Samsung Galaxy Z Fold4 sukses dirilis, dan kini sudah bisa dipesan di Indonesia. Namun, sebelum memesannya Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy Z Fold4.

Samsung terus menghadirkan varian smartphone layar lipat Samsung Galaxy Z Fold4 ke pasar global. Smartphone ini membuat persaingan di industri semakin ketat, karena Galaxy Z Fold4 membawa spesifikasi dan fitur yang mumpuni.

Tidak mengherankan kalau Galaxy Z Fold4 amat dinantikan oleh penggemar smartphone di seluruh dunia. Hanya saja sebelum membeli smartphone ini, Anda harus memahami betul seluk beluk HP ini.

Bukan cuma soal spesifikasi, tetapi juga mengetahui soal kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy Z Fold4. Untuk membantu Anda mengetahui hal tersebut, berikut ini informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy Z Fold4.

BACA JUGA:

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold4

HP terbaru Samsung ini membawa banyak kelebihan yang ditawarkan kepada pengguna. Mulai dari segi spesifkasi dan fitur-fitur yang dibawanya.

1. Layar Dynamic AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz 

Layar Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung memasang layar berspesifikasi tinggi di Fold4. HP menggunakan layar utama Dynamic AMOLED 2X Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci. Layar ini memiliki resolusi QXGA+ LTPO dan aspek rasio 21.6:18, dengan refresh hingga 120Hz.

Sementara untuk layar sekunder saat dalam posisi dilipat (cover screen) menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X Displaya berukuran 6,2 inci. Resolusinya HD+, dengan refresh rate adaptif hingga 120Hz dan aspek rasio 23,1:9.

Layar penutup dan panel belakang juga lebih kuat karena mendapat perlindungan Corning Gorilla Glass Victus+.

2. Performa Kencang dengan Chip Snapdragon 8+ Gen 1 

Snapdragon 8+ Gen 1

Sama seperti ponsel flagship lainnya, Galaxy Z Fold4 turutu memakai chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset ini diluncurkan pada Mei 2022, dan membawa berbagai peningkatan dari seri chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8+ Gen 1 dapat berjalan hingga 3,2 Ghz. Kemudian CPU dan GPU 10% lebih cepat dan performa 20% lebih baik per watt berkat dukungan mesin AI di dalam prosesor dan teknlogi rendering volumetrik.

Teknologi memungkinkan 8+ Gen 1 mampu menangkap rekaman HDR 8K, Bokeh Engine untuk video, sensor kamera hingga 200MP, modem X65 5G berkualitas tinggi dan keamanan perangkat bawaan dari Qualcomm Secure.

3. Kapasitas Memori Hingga 1 TB

Kapasitas RAM dan memori Galaxy Z Fold4 tergolong besar, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan ruang memori. Pasalnya HP lipat Samsung ini menggunakan RAM 12 GB dengan 3 pilihan memori penyimpanan 3.1.

Adapun pilihan kapasitasnya adalah 256 GB, 512 GB dan 1 TB. Kapasitas 1 TB ini tergolong besar karena di Fold3 memori tertingginya mentok di angka 512 GB.

4. Kamera Berkualitas, kaya Fitur 

Kamera Fold4

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold4 dari segi kamera. Kamera smartphone ini memiliki total 5 kamera di bagian belakang dan di bagian depan.

Ketiga kamera yang berada di belakang merupakan peningkatan dari Galaxy Fold3. Galaxy Fold4 memiliki kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.8, yang dilengkapi fitur dual-pixel autofocusoptical image stabilisation (OIS), dan memiliki bidang pandang 85 derajat.

Berikutnya kamera ultrawide 12 MP aperture f/2.2 dengan bidang pandang 123 derajat. Ketiga ada kamera telefoto 10 MP dengan bukaan lensa f/2.4, dan mendukung optical zoom hingga 3x dan SpaceZoom hingga 30x, teknologi AI Super Resolution dan OIS.

Kemudian kamera depan di bawah layar utama Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki sensor 4 MP dengan bukaan f/1.8, dan kamera depan di cover screen memiliki sensor 10 MP dengan bukaan lensa f/2.2.

5. Didukung Samsung S Pen 

S Pen Galaxy Z Fold4

Pengguna Samsung Galaxy Z Fold4 semakin dimanjakan dengan dukungan aksesoris S Pen, sehingga mempermudah pengguna untuk menulis atau menggambar di layar yang lebar.

Selain itu terdapat fitur Quick App Switching untuk multitasking dalam perangkat lunak One UI terbaru. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk salin dan tempel tautan dengan cepat, foto, dan lainnya dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan hanya mengeklik ikon aplikasi.

Berikutnya ada fitur Flex Mode yang kini mendukung berbagai aplikasi dan media sosial populer, seperti Facebook Netflix, Disney Plus, Microsoft Teams, Google Meet, dan juga YouTube, serta dukungan touchpad saat pengguna di dalam tampilan Flex Mode.

6. Body Lebih Kokoh 

Terakhir adalah body yang kokoh. Galaxy Z Fold4 memiliki dimensi 155,1 x 130,1 x 6,3 mm dengan bobot 263 gram atau lebih ringan dibandingkan Fold3. Meski lebih ringan, bukan berarti body smartphone rapuh.

Samsung mengatakan bahwa ponsel ini menggunakan bezel aluminium dan penutup engsel yang lebih kokoh dari generasi sebelumnya. Lalu body HP telah mengantongi sertifikasi IPX8 sehingga tahan apabila tenggelam di air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

BACA JUGA:

Kelemahan Samsung Galaxy Z Fold4 

Kelemahan Samsung Galaxy Z Fold4

Di sisi lain ada 2 kelemahan dari Samsung Galaxy Z Fold4. Kedua kelemahan ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk yang ingin membeli smartphone ini.

1. Tidak ada Upgrade Baterai 

Meski mengalami peningkatan dari segi chipset, RAM hingga memori kapasitas baterai Galaxy Z Fold4 tidak mengalami perubahan. Kapasitasnya baterainya cuma 4.400 mAh dengan mengusung teknologi pengisian cepat dengan kabel 25 watt, dan fast charging tanpa kabel 15 watt.

2. Tidak Ada Upgrade Kamera Depan 

Seperti telah disinggung sebelumnya kalau kamera depan di bawah layar utama besar 4 MP aperture f/1.8 dan sensor kamera depan di cover screen adalah 10 MP aperture f/2.2.

Kapasitas kamera ini sama persis dengan Galaxy Z Fold3, sehingga tidak ada upgrade untuk bagian kamera depan.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy Z Fold4. Semoga dapat menjadi referensi, dan bagi yang berminat dengan Galaxy Z Fold4, Samsung Indonesia membuka pre-order atau pemesanan Galaxy Z Fold4.

Pemesanan dilakukan mulai dari tanggal 10 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB sampai 1 September 2022. Pemesanan bisa dilakukan melalui situs Samsung.com/id, dan platform belanja online yang bekerja sama dengan Samsung. Berikut ini rincian harganya:

  • Harga Samsung Galaxy Z Fold4 (12 GB/256 GB): Rp24.999.000.
  • Harga Samsung Galaxy Z Fold4 (12 GB/512 GB): Rp26.999.000.
  • Harga Samsung Galaxy Z Fold4 (12 GB/1 TB): Rp30.999.000.

Selama masa pre-order tersedia beragam promo yang menarik. Misalnya saja cicilan 0% hingga 36 bulan dan satu tahun perlindungan dari Samsung Care+ senilai Rp2.739.000 serta berbagai promo menarik lainnya. [NM/HBS]

Artikel ini bersumber dari telset.id.