Telset.id – Kita sering membaca atau mendengar orang menyebutkan istilah CPU, GPU, dan NPU. Meski sering mendengarnya, mungkin Anda masih belum terlalu mengerti apa maksud dan fungsinya. Nah, Telset akan memberikan penjelasan singkat pengertian dari CPU, GPU, dan NPU, yang biasanya ada di dalam chipset atau System-on-Chip (SoC).

Meski sering dibicarakan, namun pengertian CPU, GPU, dan NPU mungkin banyak yang belum tahu. Padahal komponen pengolah data ini merupakan bagian penting dari chipset.

Ketiga komponen tersebut biasanya dikemas di dalam SoC atau sering kita sebut chipset. Komponen-komponen ini menjadi bagian yang sangat penting, karena menjadi otak dari sebuah ponsel atau laptop, saat harus menangani berbagai macam tugas dengan cepat

Bagian-bagian itu sangat krusial dalam menopang kinerja gadget. Menariknya, CPU, GPU, dan NPU merupakan satu kesatuan. Artinya, mereka tidak bisa dipisahkan. Ketiganya saling topang untuk mendukung kerja chipset.

Chipset atau SoC sendiri merupakan bagian pokok dalam sistem komputasi. Fungsinya untuk memproses berbagai data. Singkatnya, chipset adalah penopang utama smartphone. Kinerja perangkat bakal sangat bergantung kepada tipe chipset. Kian tinggi tipe, kinerja akan kian mantap.

Well, daripada kamu semakin penasaran, Telset langsung jelaskan saja apa itu CPU, GPU, dan NPU yang ada di dalam chipset. Simak baik-baik penjelasan berikut, ya. Let’s get in on!

BACA JUGA:

1. CPU

Ini Pengertian CPU, GPU, NPU di Chipset dan Cara Kerjanya

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit. Sirkuit elektronik tersebut memiliki fungsi untuk menjalankan instruksi dari sistem maupun aplikasi.

CPU melakukan operasi aritmatika, logika, pengontrolan, hingga penanganan input/output dasar yang ditentukan oleh rangkaian instruksi baris program. Baris program milik siapa? Tentu saja milik sistem operasi maupun aplikasi secara spesifik. Dengan demikian, perangkat akan bekerja sesuai kodratnya.

Chipset smartphone biasanya menggunakan CPU berarsitektur ARM. ARM adalah keluarga dari set prosesor yang menawarkan penyederhanaan instruksi. CPU berarsitektur ARM cenderung membutuhkan biaya lebih sedikit, konsumsi daya minimal, serta produksi panas rendah dibanding prosesor sejenis.

Nah, secara umum, CPU bertugas untuk mengeksekusi perintah dari sebuah perangkat. Bisa dibilang, CPU merupakan “aktor utama” dari sebuah perangkat.

2. GPU

GPU

GPU adalah kependekan dari Graphics Processing Unit. GPU mempunyai kemampuan khusus untuk menangani grafis dan pembentukan gambar perangkat. GPU mempunyai kemampuan memanipulasi dan mengubah memori (RAM) untuk mempercepat proses pembentukan gambar yang sedang ditampilkan di layar.

GPU modern memiliki kemampuan lebih baik, karena sudah dilengkapi set peranti lunak, sebut saja misalnya Snapdragon Elite Gaming milik Qualcomm atau HyperEngine dari MediaTek.

Secara umum, fungsi GPU adalah memproses instruksi untuk menampilkan grafis di layar HP. Komponen ini mempunyai peran untuk” menggambar” di layar handset. Ibaratkan layar smartphone seperti kanvas kosong, GPU beroperasi untuk menggambar di atasnya supaya muncul sebuah tampilan atau bentuk tertentu.

Kalau begitu, apa bedanya VGA dan GPU? Jelas berbeda, GPU ibarat otak atau inti dari VGA. Jadi, tugas GPU memproses gambar dan video sehingga dapat dilihat dan dinikmati pengguna.

3. NPU

NPU atau Neural Processing Unit, adalah rangkaian pemroses khusus untuk mempercepat kemampuan sistem kecerdasan buatan di sistem komputasi. NPU biasanya membawa semua logika kontrol atau aritmatika penting. Tujuannya untuk eksekusi algoritma dari mesin pembelajaran (machine learning) sebuah perangkat.

NPU membuat smartphone mampu memproses berbagai sistem cerdas dengan lebih cepat dan akurat, semisal pada asisten virtual, pengenal wajah, atau fitur kecantikan dalam fotografi.

NPU

Lantas, apa perbedaan antara NPU, TPU (Tensor Processing Unit), NNP (Neural Network Processor), dan IPU (Intelligence Processing Unit)? Tidak ada bedanya, karena itu hanya beda penyebutan nama saja dari perusahaan pembuatnya.

Kesimpulannya, NPU adalah rangkaian pemroses yang bisa meniru persepsi dan kesadaran manusia. Manfaat lain NPU adalah membantu daya tahan baterai menjadi lebih awet umur masa pakainya.

BACA JUGA:

Nah, setelah membaca penjelasan Telset di atas, apakah kamu masih bingung dengan pengertian CPU, GPU, dan NPU? Semoga informasi ini mencerahkan, ya! [SN/HBS]

Artikel ini bersumber dari telset.id.