Telset.id, Jakarta – Google melakukan pembaruan atau update di aplikasi Google Chrome, menyusul laporan mengenai adanya beberapa celah keamanan atau bug berbahaya yang mengintai aplikasi peramban web itu. Kerentanan sistem yang dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan serangan siber.

Dilansir Telset dari Forbes pada Kamis (7/7/2022), kerentanan yang dimaksud diberi nama CVE-2022-2294. Kerentanan berbahaya ini pertama kali ditemukan oleh anggota tim Avast Threat Intelligence.

Celah tersebut digambarkan sebagai luapan buffer heap di sistem Real Time-Clock (RTC) yang ada di Chrome.

Google yang menerima laporan tersebut pada tanggal 1 Juli 2022, langsung bergegas memperbaiki bug tersebut. Pasalnya bug CVE-2022-2294 dilaporkan dapat dieksploitasi oleh para hacker untuk meretas pengguna Android dan Windows.

BACA JUGA:

Tindakan perbaikan juga dilakukan untuk mencegah terjadinya Zero-days. Sebuah fase dimana terjadi kelemahan dalam program perangkat lunak yang tidak diketahui oleh developer atau pihak yang bertanggung jawab, sehingga dapat membahayakan pengguna.

Selain CVE-2022-2294, Avast Threat juga menemukan 2 celah lain yang dinamai CVE-2022-2295 dan CVE-2022-2296 yang juga berbahaya jika dibiarkan. Google bergerak cepat untuk mengatasi masalah ini.

Pada 4 Juli 2022, Google mengonfirmasi bahwa akan melakukan pembaruan ke Chrome 103.0.5060.114 untuk Windows dalam beberapa hari mendatang. Sementara pengguna Android juga disarankan untuk memperbarui sesegera mungkin karena alasan yang sama.

CVE-2022-2294 juga berdampak pada aplikasi Android. Google akan menyediakan versi terbaru dari Google akan menghadirkan update Google Chrome terbaru versi 103.0.5060.71 yang bisa pengguna unduh di Google Play Store.

Cara Update Google Chrome di Windows dan Android

Demi keamanan pengguna Windows dan Android harus segera memperbarui aplikasi Chrome di PC atau smartphone, karena di versi Chrome terbaru celah berbahaya tadi sudah diperbaiki oleh Google.

BACA JUGA:

Bagi Anda yang ingin melakukan update aplikasi Chrome di Windows dan Android, berikut ini cara lengkapnya.

1. Cara Update Google Chrome di Windows

  • Buka aplikasi Google Chrome di laptop.
  • Buka menu Bantuan dan pilih Tentang Aplikasi 
  • Nantinya akan muncul informasi mengenai update terbaru Chrome dan klik Relaunch.

Google Chrome Update

  • Tunggu sampai update berhasil.

2. Cara Update Google Chrome di Android

  • Buka Google Play Store dan pilih Google Chrome.
  • Apabila update telah tersedia, maka klik Update dan tunggu sampai pembaruan selesai.

Update Chrome

Lebih baik mencegah daripada mengobati, sehingga Anda disarankan untuk segera melakukan update Chrome di Windows dan Android demi keamanan data Anda. [NM/HBS]

 

Artikel ini bersumber dari telset.id.