Telset.id – Sebelum bisa menggunakan kartu Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah meregistrasi atau mendaftarkan SIM card Indosat Ooredoo yang Anda gunakan. Kami akan kasih tips cara registrasi kartu Indosat, dan juga akan menjelaskan penyebab registrasi kartu gagal dan cara mengatasinya.

Proses mendaftarkan kartu SIM merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan calon pelanggan. Proses tidak memerlukan waktu yang lama, serta mudah dan bisa dilakukan melalui berbagai cara dari smartphone.

Indosat termasuk operator seluler yang mewajibkan calon pelanggannya untuk melakukan registrasi kartu sebelum bisa menggunakan layanan mereka, baik pengguna prabayar dan juga pascabayar.

Baca juga: Cara Praktis Cek Nomor Indosat Ooredoo di Android dan iOS

Apa itu Registrasi Kartu dan Apa Manfaatnya

Sebelum membahas cara registrasi kartu indosat, kita bahas dulu apa sebenarnya registrasi itu. Registrasi pelanggan prabayar di setiap layanan operator seluler merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar yang datanya belum divalidasi Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Dukcapil).

Saat mendaftarkan kartu, pelanggan diwajibkan menggunakan data identitas kependudukan yang valid sebagaimana yang tercatat di Ditjen Dukcapil. Ketentuan registrasi pelanggan ini juga berlaku untuk calon pelanggan pascabayar.

Lalu apa tujuan dan manfaat kalau Anda mendaftarkan kartu prabayar Anda? Tujuan utamanya adalah memberikan perlindungan kepada pengguna, terhadap tindakan kejahatan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab, seperti kejahatan terorisme, penipuan, informasi spamming, kejahatan siber dan sebagainya.

Selain itu, manfaat lainnya adalah kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan, misalnya untuk transaksi online dan non tunai. Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif, penyaluran dana,  bantuan pemerintah dan hal lainnya.

Nah, setelah tahu arti dan manfaatnya, berikut ini Tim Telset berikan tips cara melakukan registrasi kartu Indosat dengan mudah dan cepat. Yuk disimak!

Baca Juga: Cara Mengecek Kuota Indosat

Cara Registrasi Kartu Indosat 

Cara Registrasi Kartu Indosat
Ilustrasi Indosat Ooredoo (Foto : Istimewa)

Tim Telset akan memberikan informasi lengkap mengenai cara registrasi kartu Indosat. Ada beberapa cara yang bisa dipakai, misalnya melalui SMS dan lewat situs online. Selain itu ada juga informasi mengenai cara unreg dan penyebab registrasi kartu Indosat gagal.

Cara Registrasi Kartu Indosat Lewat SMS 

Cara daftar kartu Indosat pertama yang bisa Anda lakukan yakni melalui pesan singkat atau SMS. Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan dengan smartphone Anda kapan dan dimana saja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) khususnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang Anda miliki.
  • Buka aplikasi SMS di smartphone dan ketik SMS dengan format NIK#Nomor KK# kirim ke nomor 4444.
cara registrasi kartu indosat
(Foto : Telset)
  • Silakan tunggu beberapa saat untuk mengetahui apakah Anda berhasil atau tidak.
  • Bagi pengguna Indosat lama, silakan buka aplikasi SMS dengan format ULANG#NIK#Nomor KK# dan kirim ke 4444.

Baca juga: Mobil Klinik Indosat Ooredoo Bantu Korban Gempa Majene

  • Sama seperti pengguna baru, silakan tunggu beberapa saat dan akan muncul pesan balasan.

Cara Registrasi Kartu Indosat Secara Online

Indosat Ooredoo memudahkan pengguna dengan menyediakan cara pendaftaran kartu secara online. Cara ini bisa Anda ikuti untuk melakukan pendaftaran kartu dengan lebih mudah. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka situs MyIM3 atau situs
cara registrasi kartu indosat
(Foto : Telset)
  • Tulis nomor Indosat di kolom yang tersedia dan pilih “Verifikasi”.
cara registrasi kartu indosat
(Foto : Telset)
  • Klik “Verifikasi” dan ikuti petunjuk yang diberikan Indosat Ooredoo supaya pendaftaran bisa dilakukan dengan baik.

Cara Registrasi Kartu Indosat di Contact Center

Cara kedua yang bisa Anda gunakan adalah lewat Contact Center Indosat di nomor 185. Anda akan mendapatkan arahan dari petugas untuk mendaftarkan kartu Indosat Anda. Biasanya Anda akan diminta data pribadi, seperti menyebutkan nama lengkap, alamat KTP, NIK, dan Nomor Kartu Keluarga. Pastikan data yang diberikan jangan sampai keliru.

Gerai Indosat Call Center

Cara Registrasi Kartu Indosat di Gerai Indosat

Jika cara Registrasi Kartu Indosat di atas masih gagal juga, Anda bisa mencoba dengan cara mengunjungi lokasi Gerai Indosat. Anda bisa membawa kelengkapan data pribadi, seperti KTP, Kartu Keluarga, dan SIM Card Indosat Anda. Buat yang belum tahu, ini daftar lokasi Gerai Indosat yang bisa Anda kunjungi di seluruh Indonesia.

Cara Registrasi Kartu Indosat untuk WNA

Khusus untuk Warga Negara Asing, Anda bisa mengunjungi Gerai Indosat untuk meregistrasi katur Indosat Anda. Siapkan dokumen sebagai syaratnya, seperti paspor/KITAS/KITAP (Kartu Izin Tinggal Terbatas/Tetap).

Cara Unreg Kartu Indosat 

Bagi yang ingin berhenti menjadi pelanggan Indosat, terdapat cara untuk melakukan unregistrasi kartu. Proses unregistrasi bisa dilakukan melalui pesan aplikasi SMS dengan mudah.

  • Buka aplikasi SMS yang ada di smartphone Anda.
  • Ketik SMS dengan format UNPAIR#Nomor HP Anda#. Setelah itu kirim ke nomor 4444.
cara registrasi kartu indosat
(Foto : Telset)
  • Tunggu balasan dari operator. Jika terdapat balasan maka proses unregistrasi berhasil dilakukan.

Penyebab Registrasi Kartu Indosat Gagal

Cara Registrasi Kartu Indosat
Ilustrasi registrasi kartu gagal (Foto: Istimewa)

Terkadang proses registrasi kartu sering menemui kegagalan. Bagi Anda yang sering gagal melakukan registrasi kartu, berikut ini beberapa penyebab kenapa registrasi Indosat gagal.

Pertama salah format registrasi. Masing-masing operator memiliki format registrasinya tersendiri. Anda diminta untuk lebih teliti mengikuti format operator seluler sehingga proses registrasi bisa dilakukan dengan baik.

Kedua salah menulis angka di Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan Kartu Keluarga (KK). Terkadang Anda salah menulis kombinasi angka di NIK dan KK milik Anda sehingga registrasi selalu gagal.

Ketiga terjadi kesalahan data mengenai NIK atau KK. Terjadi kesalahan mengenai data NIK dan KK di database Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) sehingga registrasi selalu gagal.

Untuk mengatasi masalah data kependudukan, silakan Anda mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) pemerintah kota, kabupaten atau provinsi tempat Anda tinggal.

Baca juga: Cara Cepat Transfer Pulsa Indosat Ooredoo, Dijamin Sukses!

Selain itu Anda juga disarankan untuk menghubungi Call Center Indosat Ooredoo di nomor (021) 30003000. Nantinya Anda akan diarahkan untuk melakukan beberapa cara agar registrasi berhasil.

Demikian informasi mengenai cara registrasi kartu Indosat Ooredoo. Semoga bermanfaat dan bisa Anda coba ketika ingin melakukan registrasi. [NM/HBS]

Artikel ini bersumber dari telset.id.