Telset.id, Jakarta – Untuk pertama kalinya Apple melakukan penyesuaian terhadap update iPadOS 16. Perilisan atau udpate OS untuk iPad itu akan dipisahkan dengan jadwal update iOS 16.

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Rabu (24/8/2022), pada awal bulan Agustus 2022 muncul rumor kalau Apple untuk pertama kalinya akan memisahkan jadwal rilis iPadOS 16 dari jadwal perilisan iOS 16.

Adapun biasanya update iPadOS dan iOS akan dilakukan setiap bulan September atau bertempatan dengan peluncuran produk Apple terbaru. Namun di tahun ini sepertinya hal tersebut tidak akan terjadi.

Sebab Apple dalam keterangan resminya akan memisahkan perilisan iPadOS 16 dan iOS 16. Dengan kata lain, iPadOS 16 akan ditunda updatenya sementara iOS 16 kemungkinan akan hadir pada bulan depan alias September 2022.

“Ini adalah tahun yang sangat besar bagi iPadOS. Sebagai platformnya sendiri dengan fitur yang dirancang khusus untuk iPad, kami memiliki fleksibilitas untuk menghadirkan iPadOS sesuai jadwalnya sendiri,” tulis Apple.

Apple tidak menjelaskan pada bulan apa, iPadOS 16 bakal diberikan ke pengguna. Raksasa asal Cupertino itu hanya menyebut kalau update akan dilakukan pada musim gugur atau bisa dikatakan sekitar bulan Oktober 2022 mendatang.

“Musim Gugur ini, iPadOS akan dikirimkan setelah iOS, sebagai versi 16.1 dalam pembaruan perangkat lunak gratis,” sambung Apple.

BACA JUGA:

Deretan Fitur iPadOS 16 

iPadOS 16

Sebelumnya iPadOS 16 telah diperkenalkan pada bulan Juni 2022 lalu di ajang WWDC 2022. OS terbaru itu membawa berbagai fitur baru yang berguna untuk aktivitas pengguna.

Misalnya saja fitur Collaboration. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat lebih mudah berkolaborasi dan mengelola konten yang dibagikan. Maksudnya saat pengguna membagikan sebuah konten ke beberapa teman, maka setiap update dari konten terkait akan bisa dilihat oleh orang yang dibagikan.

BACA JUGA:

Berikutnya adalah Freeform. Fitur ini bisa dikatakan seperti papan tulis digital yang dapat diedit oleh grup. Penggunaan aplikasi ini masih ada kaitannya dengan fitur kolaborasi yang tadi sudah dijelaskan.

Jadi, aplikasi papan tulis digital ini membebaskan Anda dan orang-orang di dalamnya untuk saling menuangkan ide tanpa ada batasan layout. Lalu terdapat pula beberapa fitur lain seperti Stage Manager, Shared Tab Groups dan lain sebagainya. [NM/HBS]

Artikel ini bersumber dari telset.id.