Speaker Bluetooth adalah cara yang sangat nyaman untuk mendengarkan musik bersama teman-teman. Berikut adalah tips untuk memilih speaker Bluetooth sesuai kebutuhan.

Untuk mendengarkan musik bersama teman-teman, speaker nirkabel adalah perangkat yang tepat untuk digunakan. Pasalnya, jenis speaker ini dapat digunakan di manapun tanpa memikirkan sumber listrik atau steker. Biasanya, speaker nirkabel memiliki konektivitas Bluetooth yang lebih fleksibel terhubung ke perangkat pintar seperti ponsel.

Seperti yang kita ketahui, saat ini ada banyak sekali pilihan speaker Bluetooth untuk dipilih. Agar kamu lebih mudah mendapatkan perangkat yang sesuai, berikut adalah tips cara memilih speaker nirkabel berbasis Bluetooth yang dirangkum dari electronics-notes.com:

1. Daya tahan baterai

Baterai adalah parameter utama yang perlu dipertimbangkan agar kamu tidak perlu bolak-balik mengisinya. Speaker kecil cenderung memiliki baterai yang lebih kecil dan tidak tahan lama, tetapi beberapa yang lebih besar dapat bertahan hingga 24 jam.

Saat ingin membeli speaker Bluetooth, pastikan masa pakai baterai cukup lama sesuai kebutuhanmu. Perlu diingat juga bahwa energi baterai Li-ion yang digunakannya tidak boleh benar-benar habis, jadi isi daya sebelum kamu menggunakan speaker, dan jangan biarkan kosong.

2. Kualitas audio

Tentu saja akan lebih menyenangkan ketika mendengarkan musik dengan kualitas suara yang bagus. Salah satu faktor yang menghasilkan suara bagus adalah spesifikasi total harmonic distortion (THD), yang angka rata-ratanya adalah 10%. Semakin rendah persentase yang diberikannya maka suaranya semakin bagus.

Faktor berikutnya adalah respons frekuensi.Semakin lebar rentang frekuensi ini, maka suara yang dihasilkan akan lebih mendetail. Angka seperti 100 Hz hingga 20 kHz adalah contoh yang bagus. Angka 100 Hz adalah frekuensi rendah dan 20 kHz adalah frekuensi atas. Titik frekuensi rendah menunjukkan tingkat bass yang lebih baik, sedangkan titik frekuensi tinggi untuk kualitas treble.

3. Desain

Terdapat sangat banyak desain berbeda untuk speaker Bluetooth. Ini berarti bahwa dimungkinkan untuk memilih desain yang paling sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Selain itu, ada beberapa speaker Bluetooth yang menawarkan fitur ambient light (pencahayaan warna-warni) yang mungkin cocok ketika kamu sedang ingin mengadakan pesta.

4. Ukuran

Speaker Bluetooth tersedia dalam berbagai ukuran. Ada jenis kerucut atau silinder kecil yang ditujukan untuk pengoperasian yang sangat portabel dan dikemas ke dalam bagasi, dan ukuran yang lebih besar yang cenderung memberikan kualitas audio yang lebih baik. Umumnya ukurannya semakin besar, maka semakin baik kualitas audionya, dan ukuran besar dapat memiliki baterai yang lebih besar untuk digunakan lebih lama.

5. Daya

Mungkin tidak semua speaker Bluetooth memiliki penjelasan akan daya yang dimilikinya. Jika ada dalam lembar spesifikasinya, maka daya tersebut dinyatakan dalam satuan watt. Daya audio 10 watt sudah termasuk keras untuk sebuah speaker Bluetooth standar. Perlu diketahui bahwa kamu akan memiliki daya audio yang lebih besar jika ingin menggunakan speaker dalam ruangan yang besar, apalagi untuk penggunaan di luar ruangan.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.