Telset.id – Merekam dan mengedit suara saat ini tidak lagi hal yang sulit dilakukan. Bahkan orang awam pun sudah bisa melakukan aktivitas edit suara dengan mudah menggunakan aplikasi smartphone Android.

Tak perlu menggunakan perangkat PC dan hardware audio yang rumit, dengan bantuan alat sederhana seperti aplikasi dan smartphone, pengguna bisa merekam dan mengedit suara.

Ada banyak aplikasi edit suara yang tersedia seperti pada platform Android, seperti Mstudio, Mp3 Cutter, Wave Editor dan banyak lagi.

Nah berikut ini Tim Telset.id akan memeberikan rekomendasi 16 aplikasi edit suara atau audio editor terbaik di Android. Apa saja yang masuk di daftar, simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA:

1. MStudio

Aplikasi Edit Suara Android
Mstudio

MStudio adalah salah satu aplikasi audio editor alias edit suara terbaik di Android. Mstudio memungkinkan pengguna untuk merekam, mengedit, mencampur, menggabungkan, dan mengonversi file audio.

Aplikasi ini juga mencakup fungsi canggih seperti seperti perubahan tempo, penyesuaian nada, menghapus audio dari file video, memutar audio secara terbalik, hingga mengkonversi klip audio.

Aplikasi MStudio memiliki rating yang cukup tinggi di Google Playstore yaitu 4,3 dengan jumlah pengunduh mencapai 1 juta pengguna. Ukuran filenya tidak terlalu besar yaitu hanya 15MB dan tersedia secara gratis.

2. WaveEditor

wave editor
Wave Editor

Aplikasi audio editor terbaik di Android berikutnya adalah Wave Edtio. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit file audio dimana pun kapan pun.

Pengguna juga bisa mencampur dan mengedit banyak lagu menggunakan fitur seperti FFT, Osciloscope dan Spectogram. Lebih dari 30 format audio dapat didudukng seperti AIDD, FLAC, MP3, OGG, PCM, WAV dan lain-lain. Wave Editor juga memiliki fitur perekeam audio secara built in.

WaveEditor tersedia secara gratis di Google Playstore dengan kapasitas 15MB. Ratingnya di Google Playstore yaitu 4.0, dengan jumlah pengunduh lebihd dari 1 juta pengguna.

3. Lexis Audio Editor

Aplikasi Edit Suara Android
Lexis Audio Editor

Aplikasi edit suara di Android lainnya adalah Lexis Audio Editor. Aplikasi ini cukup membantu untuk beberapa aktivitas editing sederhana seperti memotong, menyalin, menempelkan,dan lain-lain.

Bagi yang cukup familiar dengan aplikasi Audacity di platfrom desktop, antara muka dari Lexis Audio editor nampak mirip dengan aplikasi tersebut. Beberapa fungsi tambahan yang juga tersedia seperti normalize, noise reduction, trim, fade-in & fade-out, serta mengubah nada dan tempo.

Beberapa format audio yang didukung seperti WAV, mp3, FLAC, m4a, aac, dan WMA, Anda juga dapat mengimpor format video seperti mp4, 3gp, dan 3g2Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 5 juta pengguna dan ratingnya cukup tinggi yaitu 4,5 di Google Playstore.

4. Mp3 Cutter

Aplikasi Edit Suara Android
MP3 Cutter

Aplikasi edit suara Android yang mungkin paling populer juga adalah Mp3 Cutter. Aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana, tidak seperti beberapa aplikasi lain yang memiliki fungsi kompleks.

Mp3 Cutter dapat digunakan untuk memotong atau memotong file audio atau musik, biasanya dipakai untuk membuat ringtone pada smartphone. Aplikasi ini juga menyediakan cara sederhana untuk mengatur file audio sebagai nada dering Anda hanya dengan beberapa ketukan.

Mp3 Cutter tersedia secara gratis, dengan jumlah unduhan telah mencapai lebih dari 5 juta pengguna. Ukuran filenya yaitu sekitar 14MB dengan rating mencapai 4,3 di Playstore.

5. Audio Editor

Aplikasi Edit Suara Android
Audio Editor

Aplikasi berikutnya adalah Audio Editor, yang juga menawarkan fitur edit file audio bagi pengguna Android, dengan beberapa fitur andalan.

Seperti diantaranya Audio Cutter untuk memotong dan membuat nada dering, Audio Mixer untuk menggabungkan Audio, Adio Converter untuk mengkonversi format audio, serta Editor Tag untuk mengubah metadata pada file audio, seperti Judul Lagu, Album Art, Nama Album, Nama File dan lain-lain.

Audio Editor tentunya juga tersedia secara gratis di Google Playstore, dimana kita dapat mengunduh aplikasi ini dengan ukuran 12MB. Ratingnya yaitu 4.0 di Android, dengan jumlah pengguna sekitar 1 juta pengunduh.

6. AudioLab

audio lab
Audio Lab

 Masih sama seperti aplikasi pengedit suara lainnya, Audio Lab juga memiliki beberapa fungsi seperti memotong audio, menempel, audio mixing, audio converting dan lain-lain.

Namun aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur kompleks seperti Equalizer, DJ Filter, Voice Remover dan juga Voice Changer untuk berbagai kebutuhan pengguna. Bahkan aplikasi ini juga menyediaka fitur Text to Speech yang mengubah teks menjadi suara,

Audio Lab memiliki rating yang cukup tinggi di Google Playstore yaitu mencapai 4,5. Tentunya aplikasi ini tersedia gratis, dengan ukuran yang cukup kecil yaitu 7,7MB.

7. BandLab

Band Lab
Band Lab

Band Lab adalah aplikasi penyunting suara yang sangat menawarkan pengalaman layaknya DAW pada platform PC/Desktop. Dan yang pasti aplikasi cocok banget buat anak band yang mau rekam lagu sendiri hanya menggunakan smartphone.

Band Lab memiliki fitur multitrack dimana pengguna bisa merekam berbagai macam suara dalam track berbeda, untuk akhirnya di-mix menjadi satu. Terdapat beragam efek instrumen yang dapat kamu pilih, dan berbagai macam fitur layaknya di studio rekaman.

Kamu juga bisa mengunggah hasil rekaman kamu melalui Bandlab Community dan saling terhubung dengan berbagai musisi diseluruh dunia. Aplikasi ini memiliki rating 4,5 di Android, dengan jumlah pengguna lebih dari 10 juta pengguna.

BACA JUGA:

8. Voice Pro

voice pro
voice pro

Aplikasi edit audio Android yang berikutnya adalah Voice Pro. Aplikasi satu ini memiliki keunggulan dari hasil rekaman suara yang bisa disimpan dalam berbagai format berbeda.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur bitrate dari suara yang direkam mulai dari 320kbps hingga 48000 Hz.

Tidak cuma bisa memotong audio, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik pada background. Voice Pro juga bisa merekam panggilan dan menghilangkan suara vokal.

9. Super Sound

Super Sound
Super Sound

Rekomendasi aplikasi yang selanjutnya adalah Super Sound. Aplikasi ini bisa diandalkan untuk editing audio dan music editor.

Super Sound mendukung banyak fitur, mulai dari editing, cutting, splicing, mixing, converting, voice changing, mengganti format dan lain sebagainya.

Semua fitur tersebut bisa Anda nikmati secara gratis. Untuk menggunakannya, Anda tinggal mengunduhnya langsung dari Google Play Store.

10. Audio Evolution Mobile Studio

Audio Evolution Mobile Studio
Audio Evolution Mobile Studio

Berikutnya ada sebuah aplikasi bernama Audio Evolution Mobile Studio. Aplikasi ini bisa diandalkan untuk memotong audio, mengatur latensi, hingga menggabungkan beberapa suara menjadi satu kesatuan.

Tampilan antarmukanya juga cukup simpel. Mungkin butuh waktu untuk melakukan beberapa penyesuaian saat menggunakannya.

Untuk mencobanya lebih lanjut, Anda bisa langsung meluncur ke Google Play Store. Aplikasi Audio Evolution Mobile Studio bisa Anda unduh secara gratis.

11. WavePad

wavepad
WavePad

WavePad jadi rekomendasi aplikasi berikutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk keperluan editing audio dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki rangkaian fitur yang terbilang cukup menarik.

WavePad bisa digunakan untuk memotong audio, menambahkan suara, dan punya tampilan antarmuka yang mudah dipahami. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store.

12. Audios Droid

AudiosDroid
AudiosDroid

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi editing suara lainnya, Audio Droid bisa jadi pilihan aplikasi editing audio yang ada di smartphone Android.

Aplikasi Audio Droid bisa digunakan untuk memotong audio, menyalin audio, hingga menggabungkan berbagai file menjadi satu.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan sejumlah efek, seperti tempo, filter, equalizer dan lain sebagainya.

13. Equalizer Pro

Aplikasi selanjutnya adalah Equalizer Pro. Aplikasi ini bisa Anda andalkan untuk kebutuhan mengedit suara. Equalizer Pro juga cocok untuk membuat rekaman suara jadi lebih jernih dan memiliki bass booster.

Equalizer Pro juga memiliki beragam efek set equalizer yang bisa digunakan. Seperti jazz, heavy metal, R&B dan lain sebagainya.

14. Timbre

Timbre

Berikutnya adalah aplikasi bernama Timbre. Uniknya, Timbre tidak hanya bisa digunakan untuk edit audio, tetapi juga video. Berbagai format juga sudah didukung, sehingga semakin memudahkan Anda sebagai pengguna.

Fitur yang tersedia di aplikasi Timbre mulai dari: cutting, audio coverter, speed changer, audio bitrate changer dan lain sebagainya.

15. Anchor

Aplikasi Anchor biasanya dikenal oleh mereka yang ingin membuat podcast dan mengunggahnya ke platform Spotify dan lain sebagainya. Tapi ternyata, Anchor juga bisa digunakan untuk edit audio melalui Android.

Dengan bantuan aplikasi Anchor, pengguna bisa menghasilkan audio berkualitas, meskipun rekaman dibuat lebih dari satu suara orang. Selain itu, tersedia juga berbagai efek transisi dan efek suara.

16. Music Editor

Selanjutnya ada Music Editor. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk edit audio, memotong audio, untuk kemudian bisa juga dijadikan nada dering di smartphone.

Selain bisa edit audio dengan mudah, tersedia juga fitur lainnya seperti ganti format, compress audio, volume booster dan lain sebagainya.

Itu dia tadi daftar aplikasi edit suara terbaik yang ada di Android. Semoga bisa membantu Anda yang tengah mencari aplikasi untuk editing audio. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (HR)

Artikel ini bersumber dari telset.id.