Jakarta (ANTARA) – Tim nasional bola basket 3×3 putri Indonesia menjejaki babak perempat final Piala FIBA Asia 3×3 2022 seusai meloloskan diri dari Pool B dalam rangkaian penyisihan grup di Singapura, Jumat.

Indonesia finis di posisi kedua klasemen akhir Pool B setelah membukukan satu kekalahan 15-17 melawan jepang dan meraih kemenangan 21-15 atas tuan rumah Singapura.

Kepastian Indonesia lolos ke perempat final ditentukan dalam pertandingan terakhir Pool B pada Jumat malam, di mana Jepang sukses menundukkan Singapura 11-3.

Lawan Indonesia di babak perempat final sudah ditentukan, yakni Chinese Taipei yang menjadi jawara Pool D berbekal dua kemenangan 13-7 atas Turkmenistan dan 21-12 kontra Sri Lanka, demikian catatan situs resmi FIBA.

Baca juga: Kimberley akui Indonesia masih punya pekerjaan di FIBA Asia 3×3

Menghadapi Jepang, Indonesia sempit memberi perlawanan sengit bahkan memiliki keunggulan hingga lebih dari separuh waktu pertandingan.

Sebuah umpan manis dari Adelaide Callista Wongsohardjo yang diselesaikan Diah Lestari membuat Indonesia memimpin 9-7 pada sisa waktu empat menit 35 detik.

Namun Jepang kemudian melesat dan membalikkan keadaan lewat jump shot dari Norika Konno disusul tembakan luar busur Mayu Lucy Kubota untuk memegang keunggulan pertama mereka sepanjang laga dalam kedudukan 10-9 atas Indonesia pada sisa waktu empat menit 14 detik.

Layup dari Agustin Gradita Retong untuk Indonesia membuat kedudukan kembali imbang, tapi Jepang kemudian menemukan ritme terbaik mereka dan menjauh 14-10 ketika Kubota memanfaatkan satu dari dua kesempatan lemparan gratis pada sisa waktu dua menit 47 detik.

Baca juga: Tim putra Indonesia gagal ikuti jejak putri dalam FIBA Asia 3×3

Marjin empat poin milik Jepang dipangkas oleh Kimberley lewat tembakan dua angka pada sisa waktu 45 detik membuat Indonesia mendekat 15-17.

Sayang upaya Indonesia mendekat selalu gagal hingga mereka harus menderita kekalahan 15-17.

Bungkam tuan rumah

Kimberley dkk hanya punya waktu beristirahat tak sampai dua jam sebelum menjalani laga hidup mati melawan tuan rumah. Bila kalah dari Singapura, Indonesia dipastikan tak lagi berpeluang lolos.

Beban wajib menang ditambah lagi atmosfer penonton yang begitu deras mendukung Singapura tampak membuat para pemain Indonesia mendapat tekanan di awal laga.

Dua lemparan luar busur dari Wan Qing Chin yang disusul tembakan bank shot Sara Choong membuat Singapura unggul 10-7 pada sisa waktu enam menit 40 detik.

Namun, Kimberley yang menjadi bintang utama penampilan Indonesia kemudian melesakkan lima poin beruntun tanpa balas demi membalikkan keadaan 12-10 atas Singapura pada sisa waktu empat menit 53 detik.

Sejak itu Indonesia relatif lebih tenang mengendalikan ritme permainan sampai akhirnya Kimberley, yang memborong 16 dari 21 poin, mengunci kemenangan 21-15 atas Singapura lewat putback shot pada saat pertandingan masih menyisakan waktu satu menit tiga detik.

Babak perempat final dijadwalkan berlangsung pada Minggu (10/7) dan Indonesia dapat giliran menantang Chinese Taipei sekira pukul 14.00 WIB.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.