Samarinda (ANTARA) – Pelatih Persis Solo Rasiman mengatakan fisik para pemainnya terkuras pada babak pertama sehingga Borneo FC bisa membalikkan skor menjadi 2-1 pada lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu.

Rasiman mengungkapkan pada laga tersebut dia menginstruksikan kepada para pemainnya untuk melakukan “high pressing” kepada pemain lawan sejak menit awal babak pertama.

Dengan strategi itu terbukti, tuan rumah tidak bisa mengembangkan permainan karena skuadnya terus menekan dengan menciptakan sejumlah peluang gol dan sempat memimpin papan skor.

Baca juga: Borneo FC taklukkan Persis Solo 2-1

“Kami menerapkan strategi ini karena lawan juga tampil tanpa Javlon Guseynov, kami langsung menekan pertahanan Borneo dan cepat melakukan pengawalan kepada lawan ketika kehilangan bola,” kata Rasiman usai pertandingan di Stadion Segiri Samarinda, Minggu.

Namun demikian, memasuki babak kedua permainan mulai berubah, dan strategi bermain ketat yang diterapkan oleh para pemain mulai kendur, mungkin salah satunya karena fisik para pemainnya sudah terkuras di babak pertama.

Sementara di sisi lain, Borneo FC mampu memanfaatkan momentum itu dengan baik sehingga mereka berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1.

“Borneo memang tim yang tangguh, dan mereka juga diuntungkan dengan jeda istirahat pertandingan, karena di pekan ini Borneo banyak bertanding di kandang, sementara tim Persis harus melakoni sejumlah laga tandang,” beber Rasiman.

Dengan kekalahan tersebut Rasiman meminta maaf kepada para pendukung Persis di Solo maupun yang ikut datang ke Samarinda, dan menyatakan hasil buruk ini merupakan tanggung jawab pelatih.

Baca juga: Borneo waspada kebangkitan Persis Solo

Pada kesempatan itu, Rasiman juga berharap sejumlah pemain Persis yang baru bergabung cepat beradaptasi dengan rekan sesama tim mengingat jadwal kompetisi sangat padat.

” Dua pemain kami yakni Rio dan Fernando baru bergabung di tiga pertandingan. Mereka belum menyatu penuh dengan rekan- rekannya dalam tim, mudah- mudahan situasi ini bisa cepat ada solusi,” kata Rasiman.

Sementara itu, pemain Persis Solo, Muhammmad Kanu Helmiawan mengaku kecewa dengan hasil buruk yang menimpa skuadnya.

” Kami sudah bekerja keras di lapangan, namun hasil belum berpihak dan semoga pertandingan selanjutnya kami bisa meraih hasil kemenangan,” kata Kanu.

***3***

Baca juga: Persis Solo tak mau ambil pusing rekor nirkalah kandang Borneo FC

Pewarta: Arumanto
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.