Suara.com – Bulan Muharram adalah bulan yang mulia. Pada bulan Muharram, umat Muslim dianjurkan untuk perbanyak melakukan amal ibadah, salah satunya dengan melaksanakan ibadah Puasa Tasua. Adapun bacaan niat puasa Tasua 2022 yakni sebagai berikut.

Diketahui, 1 Muharram ini bertepatan dengan tanggal  30 Juli 2022. Bulan Muharram atau yang disebut sebagai bulan Allah SWT (Syahrullah) ini adalah awal bulan dalam penanggalan hijriah atau dikenal juga dengan Tahun Baru Islam.

Sebagai bulan yang penuh kemuliaan, maka dianjurkan untuk melakukan banyak amal ibadah. Salah satunya puasa sunnah Tasua pada tanggal 9 Muharam. Menurut perhitungan kalender Masehi, maka Pasua Tusua bertepatan dengan tanggal 6 Agustus 2022 versi Muhammadiyah atau tanggal 7 Agustus 2022 versi pemerintah.

Sebelum berpuasa, pastikan untuk membaca niatnya terlebih dulu agar pahala puasanya lebih sempurna. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini bacaan latin niat puasa Tasua lengkap dengan artinya. 

Baca Juga:
Doa Mandi Wajib Puasa Muharram, Kapan Mulai Puasa Tasua dan Asyura 2022?

Niat Puasa Tasua 

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatit Tasu‘a lillahi ta‘ala

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT.”

Niat puasa Tasua ini dapat kamu baca pada waktu malam hari. Namun karena ini puasa sunnah, maka diperbolehkan membaca niatnya pada pagi hari dengan catatan belum makan maupun minum atau hal-hal lainnya yang membatalkan puasa.

Adapun bacaan niat puasa Tasua pada pagi hari yaitu sebagai berikut: 

Baca Juga:
Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2022? Ini Bacaan Niat Puasa Muharram

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnatit Tasu‘a lillahi ta‘ala

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Tasu’a pada hari ini karena Allah SWT”

Dianjurkan setiap Muslim untuk melaksanakan ibadah puasa Tasua jika tidak berhalangan. Puasa Tasua ini penyempurna puasa Asyura pada tanggal 10 Muharam). Puasa Asyura ini puasa yang sangat dianjurkan setelah puasa Ramadhan. Hal tersebut tertuang dalam hadis Rasululullah SAW yang diriwayatkan  oleh Imam Muslim yang bunyinya sebagai berikut.

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yaitu Muharam. Dan salat yang paling utama setelah salat wajib adalah shalat malam (Tahajud),” 

Dalam sebuah hadis juga menyebutkan, puasa Tasua ini adalah puasa yang diinginkan Rasulullah SAW sebelum ajal menjemputnya. Adapun bunyi hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yakni berbunyi sebagai berikut.

“Kalau saya lanjut umur sampai tahun yang akan datang, niscaya saya akan berpuasa Tasu’a tanggal 9 Muharram.” 

Demikian informasi mengenai niat puasa Tasua 2022 lengkap dengan artinya. Puasa sunnah di bulan Muharram inj bisa diamalkan oleh setiap Muslim yang sedang tidak berhalangan.

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.