Jakarta (ANTARA) – Barcelona meraih kemenangan mudah 3-0 saat menjamu Elche dalam pertandingan pekan ke-6 Liga Spanyol di Spotify Camp Nou pada Sabtu (17/09) malam WIB.

Robert Lewandowski mencetak doa gol dalam pertandingan itu, sedangkan satu gol lainnya bagi Barcelona disumbangkan oleh Memphis Depay.

Kemenangan itu mengantarkan Barcelona ke puncak klasemen sementara Liga Spanyol dengan 16 poin dari enam pertandingan. Sedang Elche masih berada di dasar klasemen dengan baru mengoleksi satu poin.

Baca juga: Karim Benzema diperkirakan akan absen di Derby Madrid

Mendominasi sejak pertandingan dimulai, Barca makin nyaman setelah Elche harus bermain dengan 10 pemain setelah Gonzalo Verdu mendapat kartu merah pada menit ke-15. Verdu melanggar Lewandowski yang berhasil meloloskan diri dari jebakan offside dan hanya tinggal berhadapan dengan gawang Elche.

Memphis Depay menerima bola sontekan dari Pedri pada menit ke-24, menusuk ke kotak penalti lalu mengecoh bek Elche. Dia menyelesaikan aksinya dengan sepakan kaki kiri yang masih bisa dihalau kiper.

Dua menit berselang. Barca dua menit berselang, Ousmane Dembele mengirim umpan silang dari kanan ke tiang jauh dan mengarah ke Lewandowski. Namun, sebelum penyerang Polandia itu menyambarnya, bek Elche lebih dulu memotong bola ke luar lapangan.

Barca membuka skor pada menit ke-34 ketika umpan tarik Dembele dari kanan diterima Pedri di depan kotak penalti, dia meneruskannya ke Alejandro Balde yang bebas di sisi kiri. Balde mengirim umpan silang yang didorong dengan mudah oleh Lewandowski ke gawang kosong.

Pada menit ke-41, Barca mencetak gol kedua mereka. Balde mengirimkan umpan dari sisi kiri ke Memphis Depay yang memunggungi bek. Dengan cerdik Depay mengecoh penjaganya dan melepaskan tendangan keras kaki kiri yang menjebol gawang Edgar Badia.

Hanya berselang tiga menit, Barcelona menambah keunggulan mereka. Namun, kali ini dianulir wasit. Umpan Dembele diterima Lewandowski di depan gawang dan tendangan penyerang Barca itu tidak sempurna.

Bola sempat dihalau kiper dengan kaki, tetapi Pedri sukses menyambarnya. Namun, Video Assistant Referee (VAR) menyatakan Pedri berada dalam posisi offside sebelum gol itu terjadi.

Baca juga: Barcelona resmi perpanjang kontrak Gavi hingga Juni 2026

Barcelona menciptakan peluang jelang turun minum. Umpan silang Dembele disambar Franck Kessie, tetapi melebar tipis saja di kanan gawang.

Selepas jeda, Barcelona mencetak gol ketiga pada menit ke-41. Umpan silang Dembele memicu kemelut di kotak penalti. Depay gagal menyambar dan bola sempat dihalau oleh kiper, tetapi Lewandowski berada di posisi tepat untuk memasukkannya ke dalam gawang.

Barca terus menekan dan menciptakan peluang pada menit ke-57. Depay dalam posisi bebas menyambut umpan Dembele, tetapi tandukkannya masih belum on target.

Lima menit berselang, giliran Lewandowski memberikan ancaman. Sepakan kerasnya masih bisa dihalau Badia dengan badan.

Pada menit ke-75, Blaugrana kembali mendapatkan peluang. Umpan sliang Ansu Fati nyaris menjadi membuahkan gol, tetapi Raphinha sedikit terlambat untuk menyambarnya.

Barca terus mendominasi di sisa pertandingan, tetapi tidak ada gol lain sampai peluit panjang berbunyi. Tim asuhan Xavi berhasil mengantongi tiga poin dalam pertandingan ini.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo, Eric Garcia (Hector Bellerin 59′), Alejandro Balde; Franck Kessie (Gavi 46′), Frenkie de Jong, Pedri; Ousmane Dembele (Raphinha 60′), Robert Lewandowski (Ferran Torres 72′), Memphis Depay (Ansu Fati 60′)

Elche (5-4-1): Edgar Badia; Helibelton Palacios, Gonzalu Verdu, Pedro Bigas (Diego Gonzalez 77′), Carlos Clerc; Raul Guti (Mercau 53′), John Donald, Gerard Gumbau; Tete Morente (Ezequiel Ponce 68′), Lucas Boye (Josan Ferrandez (68′), Fidel (Domingos Quina 53′)

Baca juga: Vinicius Jr kini warga negara Spanyol

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.