Suara.com – Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) tidak asal menerima pengajuan merek Citayam Fashion Week.

Ia menilai DJKI perlu melakukan kajian lebih mendalam atas merk Citayam Fashion Week.

“Institusi Kemenkumham juga tidak boleh asal terima atas pengajuan nama merk begitu saja, harus ada kajian mendalam untuk menerima hal merk tersebut,” ujar Sahroni, Senin (25/7/2022).

Seperti diketahui, Citayam Fashion Week yang merupakan kreasi anak muda secara umum, kini justru sedang diperebutkan untuk menjadi merek atau brand pihak tertentu.

Baca Juga:
Baim Wong Kecewa Niat Baiknya Patenkan Citayam Fashion Week Malah Direspons Negatif

Sahroni mengaku ogah jika nantinya hasil kreasi anak muda itu justru dimanfaatkan hanya untuk segelintir orang.

“Jangan sampai kreasi anak-anak muda yang terlahir secara spontan malah dimanfaatkan orang lain,” kata Sahroni

Sebelumnya Anggota DPR Daerah Pemilihan DKI Jakarta II itu ikut menanggapi Citayam Fashion Week yang kini didaftarkan sejumlah pihak sebagai merek atau brand ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM.

Diketahui sejauh ini ada dua pihak yang mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merek, yakni Baim Wong dan Indigo Aditya Nugroho

Menurut pria yang dijuluki Crazy Rich Tanjung Priok itu, mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merek merupakan hal yang kurang kerjaan.

Baca Juga:
Sindiran Pedas Ahmad Sahroni Ke Baim Wong Dan Indigo Usai Daftarkan Merek Citayam Fashio Week: Jangan Latah!

Pasalnya sebutan Citayam Fashion Week sendiri merupakan kreasi dari anak muda yang kerap nongkrong di Dukuh Atas. Sehingga tidak menjadi tidak elok apabila tiba-tiba nama tersebut didaftarkan sebagai merek untuk pihak tertentu saja.

“Kreasi anak muda di SCBD ga usah diklaim-klaim pake merk segala, ga ada kerjaan amat cinnn,” tulis Sahroni di akun Instagram pribadi dan sudah mengizinkan Suara,co untuk mengutip, Senin (25/7/2022).

Ia meminta pihak-pihak lain tidak ikut-ikutan atau latah dengan kreasi anak-anak muda.

“Jangan latah dengan kreasi anak-anak muda,” ujarnya.

Sahroni sendiri mengapreasiasi kreativitas anak muda yang berada di Dukuh Atas atau kekinian dikenal sebagai anak-anak Sudirman, Citayam, Bojong Gede, Depok disingkat SCBD.

“Kreasi anak muda zaman now emang keren dan wajib diapresiasi,” kata Sahroni.

Usai menjadi sorotan publik dan makin populer, Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment.

PDKI menerima permohonan hak atas merek Citayam Fashion Week yang diajukan perusahaan Baim Wong pada tanggal 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan IPT2022115526.

Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week sebagai usaha hiburan dalam sifat peragaan busana, layanan hiburan yaitu menyediakan podcast di bidang mode, layanan pelaporan berita di bidang fashion, menyediakan video online yang tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan, pengaturan peragaan busana untuk keperluan pertunjukan, perencanaan pesta [hiburan] untuk acara promosi sehubungan dengan peragaan busana, produksi program televisi di bidang mode untuk tujuan hiburan, dan publikasi majalah mode untuk tujuan hiburan.

Namun Baim Wong bukan satu-satunya yang mencoba mengklaim merek Citayam Fashion Week. Sehari kemudian, tanggal 21 Juli 2022, giliran Indigo Aditya Nugroho mengajukan permohonan merek Citayam Fashion Week dengan nomor permohonan IPT2022115745.

Indigo Aditya Nugroho mendaftarkan merek Citayam Fashion Week sebagai usaha dalam bentuk ajang pemilihan kontes (hiburan), expo mengenai kesenian, kebudayaan, dan pendidikan, fashion show (hiburan), hiburan dalam sifat peragaan busana, jasa hiburan, yaitu menyediakan acara hiburan langsung, Jasa mengatur, menyelenggarakan, mengadakan dan mempresentasikan konser, pertunjukan langsung, acara khusus hiburan, acara seni dan budaya, hiburan teater, kompetisi, kontes, pameran, festival, pameran, eksposisi, dan acara olahraga, Jasa pemasaran acara dan/atau hiburan, pembuatan konsep, pengembangan dan pelaksanaan model acara secara wajar, Jasa produksi dan presentasi/penyuguhan untuk kompetisi, acara pentas panggung, pertunjukkan langsung dan acara dengan partisipasi, organisasi acara hiburan, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan, pengaturan peragaan busana untuk keperluan pertunjukan, Penyedia konten melalui situs web, Penyediaan informasi, termasuk secara online, mengenai pendidikan, pelatihan, hiburan, olahraga dan kegiatan budaya, Perencanaan acara khusus untuk tujuan hiburan sosial, perencanaan pesta [hiburan] untuk acara promosi sehubungan dengan peragaan busana, dan pertunjukan panggung live.

Sebelum kabar mengejutkan ini, Paula sempat muncul di Citayam Fashion Week. Ia berkolaborasi bersama Bonge, artis dadakan di Citayam Fashion Week. Mereka lenggak lenggok di atas zebra cross layaknya di atas catwalk.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.