Suara.com – Belakangan ini kasus brigadir J tewas ditembak Bharada E di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022) kemarin ramai jadi perbincangan publik. Menurut keterangan polisi, Bharada E menembak Brigadir J karena diduga melakukan pelecehan pada istri Kadiv Propam.

Berkaca dari kasus adu tembak polisi tersebut, banyak pertanyaan tentang brigadir dalam urutan pangkat kepolisian. Yuk langsung saja disimak penjelasan tentang fungsi dan tugas brigadir berikut ini.

Apa Itu Brigadir?

Brigadir merupakan kelompok pangkat bintara dalam kepolisian di bawah bintara tinggi dan satu tingkat di atas tamtama yang mencakupi brigadir polisi kepala, brigadir polisi, brigadir polisi satu dan brigadir polisi dua. Berikut penjelasan fungsi dan tugas Brigadir:

Baca Juga:
The Limit: Penyamaran Seorang Polwan Ungkap Penculikan Paling Mengerikan

Brigadir Polisi Kepala

Brigadir Polisi Kepala alias Bripka tugasnya melakukan pengawasan pada Brigadir dibawahnya. Bripka merupakan Bintara tingkat empat dan sebelum restrukturisasi disebut dengan nama Sersan Mayor. Lambang Brigadir Polisi Kepala merupakan 4 bentuk V terbalik warna perak. Sementara itu gaji bripka berkisar antara Rp2,3 juta – Rp3,7 juta. 

Brigadir Polisi

Brigadir Polisi alias Brigpol tugasnya menjalankan tata tertib. Brigpol merupakan bintara tingkat tiga. Sebelum restrukturisasi Polri pada  2001, pangkat ini disebut dengan nama Sersan Kepala. Lambang Brigadir Polisi yakni 3 bentuk V terbalik warna perak. Gaji brigpol berkisar antara Rp2,2 juta – Rp3,6 juta.

Brigadir Polisi Satu

Baca Juga:
Profil Resimen Pelopor, Pasukan Elit Polri Tempat Bharada E Bernaung Jadi Pelatih

Brigadir Polisi Satu alias Briptu tugasnya membawahi pangkat. Briptu merupakan Bintara tingkat dua. Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Sersan Satu. Lambang Brigadir Polisi Satu merupakan 2 bentuk V terbalik warna perak. Gaji briptu berkisar antara Rp2,1 juta – Rp3,5 juta. 


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.