Suara.com – Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, mayoritas kadernya mendorong kembali Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024.

Sementara terkait sosok cawapresnya, Dasco mengatakan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dipersilakan untuk mengusulkan nama atau figurnya.

“Ya tentunya sebagai partai koalisi, PKB boleh mengusulkan nama untuk calon wakil presiden,” kata Dasco ditemui di sela-sela Rapimnas Gerindra, SICC, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Memang, kata Dasco, dalam menentukan cawapres, Gerindra memiliki mekanisme dalam Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai.

Baca Juga:
Di Rapimnas Gerindra, Andre Rosiade: Masyarakat Sumbar Senang Jika Prabowo Maju Lagi Jadi Capres 2024

“Untuk hal-hal lain mengenai masalah calon wakil presiden itu kemudian ditetapkan dalam satu forum yang memang sudah ditetapkan dalam AD/ART sesudah ini (Rapimnas),” ungkapnya.

Terkait rencana deklarasi koalisi dengan PKB, Dasco mengatakan, rencananya hal itu akan dilakukan pada hari terakhir pelaksanaan Rapimnas Gerindra. Hari pertama Rapimnas akan meminta dulu jawaban kesediaan Prabowo menjadi capres.

“InsyaAllah besok acara utama adalah acara deklarasi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa untuk meneken Piagam Deklarasi kedua partai,” katannya.

Sebelumnya diberitakan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, ketua umum partainya yakni Prabowo Subianto kemungkinan akan menjawab langsung permintaan kader agar dirinya maju kembali sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Jawaban Prabowo akan disampaikan dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra hari pertama, Jumat (12/8/2022) selepas ba’da magrib.

Baca Juga:
Terungkap! Prabowo Subianto Bakal Tentukan Sosok Cawapres Usai Momen Ini

“Rapimnas hari ini yang merupakan forum tertinggi di bawah kongres, karena itu, setelah beliau mendengar seluruh aspirasi yang disampaikan secara langsung dan zoom meeting di luar negeri, beliau akan jawab nanti pada waktunya, kapan? Hari ini pada sore atau malam nanti setelah magrib,” kata Muzani ditemui di sela-sela Rapimnas Gerindra, SICC, Bogor, Jawa Barat, Jumat.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.