Suara.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih terus melakukan penjajakan komunikasi buka peluang berkoalisi dengan partai politik lain untuk Pilpres 2024. Penjajakan ternyata tak hanya dilakukan ke Partai NasDem dan Demokrat tapi juga ke parpol lain seperti Golkar.

“Semua komunikasi penjajakan dan semuanya masih tetap kami lakukan. Bukan hanya dengan NasDem, dengan Demokrat, dengan Golkar pun jalan,” kata Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (6/7/2022).

Hal itu dilakukan, kata dia, lantaran hingga sekarang baik PKS, NasDem, hingga Demokrat belum final untuk berkoalisi. Untuk itu, segala kemungkinan sedang dicoba oleh PKS.

“Artinya begini semua yang kemungkinan kami bisa bangun, bisa kami kerucutkan. Kami akan hormati keinginan Nasdem, yang ingin segera mengerucut tetapi PKS harus mengkaji lebih dalam,” ungkapnya.

Baca Juga:
Bicara Soal Pilpres 2024, Sandiaga Uno: Saya Yakin Prabowo Mendengar Masukan dari Masyarakat

Lebih lanjut, Jazuli menyampaikan, PKS enggan terburu-buru terkait koalisi lantaran ada dua alasan. PKS ingin memilih calon pemimpin yang bisa menjadi nahkoda dalak kapal besar.

“Jangan sampai nanti ga paham kompas tidak sampai titik sesuai amanah konstitusi dalam membangun bangsa dan negara,” tuturnya.

“Yang kedua perahu ibarat kapal berlayar yang kuat dan kokoh jangan sampai di tengah jalan perahu ini bocor lalu nggak sampai (tujuan). Itu lah yang lagi di dalami PKS,” sambungnya.

Klaim NasDem

Sebelumnya, Partai NasDem terus membangun komunikasi intensif dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Hal itu dilakukan dalam rangka menyatukan pemahaman yang sama hingga membangun platform untuk hadapi Pemilu 2024.

Baca Juga:
Hasil Survei Terbaru: Ganjar Pranowo Bersaing dengan Prabowo Subianto, Ridwan Kamil Urutan Keempat

“Ya ini yang sedang dibangun (visi misi), kita sedang menyusun sebuah platform perjuangan bersama, ya ini didiskusikan secara intensif,” kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya kepada wartawan dikutip Selasa (5/7/2022).


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.