Potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini dapat terjadi sekitar sore – malam hari

Aceh Barat (ANTARA) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat yang bermukim di wilayah pantai barat selatan Aceh, agar mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang selama dua hari ke depan.

“Potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini dapat terjadi sekitar sore – malam hari,” kata prakirawati Stasiun BMKG Bandar Udara Meulaboh-Nagan Raya, Almira di Meulaboh, Senin malam.

Ia mengatakan potensi cuaca buruk tersebut diprakirakan terjadi hingga Rabu (27/7).

Baca juga: BMKG sebut kemarau di Aceh belum berdampak pada sektor pertanian

Almira juga menjelaskan dampak dari cuaca ekstrem tersebut juga dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Baca juga: BMKG deteksi 14 titik panas di wilayah Aceh, waspada karhutla

Dampak dari cuaca buruk tersebut, kata dia, juga berdampak terhadap gelombang tinggi di wilayah pantai barat selatan Aceh.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat nelayan agar waspada, dan berhati-hati terhadap gelombang tinggi dalam menjalankan aktivitas nya hingga dua hari ke depan.

“Kami imbau nelayan agar berhati-hati saat melaut, karena potensi gelombang tinggi masih bisa terjadi,” kata Almira.

Baca juga: BMKG prakirakan perairan Selat Malaka aman untuk nelayan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.