Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan meliputi sebagian kota-kota besar di Indonesia pada Minggu.

Dalam informasi prakiraan cuaca daring infoBMKG diikuti di Jakarta, dijelaskan bahwa sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera dan juga di Samudra Pasifik Timur Filipina.

Hal tersebut dapat menyebabkan wilayah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia, Barat Sumatera, dan juga di Samudra Pasifik Timur Filipina.

Daerah konvergensi lainnya terpantau di wilayah Aceh hingga Sumatera Utara, kemudian Riau hingga Sumatera Barat, Kepulauan Riau hingga Jambi, Kepulauan Bangka Belitung hingga Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Barat, Sulawesi Tengah, dan juga Papua.

Baca juga: BMKG prakirakan seluruh wilayah Jakarta diguyur hujan pada Minggu

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Sorong

Hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan awan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar.

Sehingga diprakirakan untuk wilayah Sumatera umumnya hujan ringan terdapat di wilayah Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Pangkalpinang dan waspada adanya potensi hujan petir terdapat di wilayah Tanjung Pinang.

Di wilayah Sumatera berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang terdapat di wilayah Bandar Lampung, dan juga Palembang dan waspadai adanya potensi yang terdapat di wilayah Jambi, Bengkulu, juga Padang.

Selanjutnya pulau Jawa diprediksi berawan terdapat di wilayah Surabaya, Semarang dan, Yogyakarta. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah DKI Jakarta, dan adanya potensi hujan sedang terdapat di wilayah Serang juga Bandung.

Baca juga: BMKG deteksi 15 titik panas di Kaltim

Baca juga: Dua gempa berbeda berkekuatan M 5,4 guncang Laut Flores

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara diprakirakan berawan terdapat di wilayah Kupang, dan berawan di wilayah Mataram dan juga Denpasar.

Wilayah Kalimantan diprakirakan berawan terdapat di wilayah Banjarmasin. Adanya hujan ringan terdapat di wilayah Palangkaraya dan juga Samarinda, hujan sedang terdapat di wilayah Pontianak dan waspadai adanya potensi hujan petir terdapat di wilayah Tanjung Selor.

Di Indonesia bagian timur diprediksi berawan terdapat di wilayah Ternate dan juga Jayapura. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Manokwari dan Ambon.

Baca juga: BMKG: Dua wilayah di NTT belum memasuki musim kemarau

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.