Suara.com – Pemerintah mengumumkan akan mengizinkan para konten kreator Youtube mengajukan pinjaman atau utang bank dengan jaminan konten video Youtube yang dimiliki. Bagi Anda yang belum menjadi Youtuber, Anda bisa mengecek tips menjadi Youtuber pemula berikut ini.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menyebut lagu yang diciptakan dan telah masuk dalam video Youtube dengan penonton banyak telah memiliki nilai jual.

“Kalau kita tiba-tiba membutuhkan uang, kita bisa gadaikan (sertifikat kekayaan intelektual) di bank,” tegas Yasonna.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa tips menjadi YouTuber pemula dan sukses yang dapat Anda gunakan yang dihimpun dari berbagai sumber. Untuk selengkapnya, berikut ini ulasannya.

Baca Juga:
3 Situs Download Video Youtube Selain Mp3 Juice, Mudah dan Cepat!

Tips Menjadi Youtuber Pemula

1. Berkomitmen untuk memposting secara konsisten

Dalam hal memposting di YouTube, lebih banyak postingan lebih baik.  Jika bisa, Anda coba posting sekitar 3 video atau lebih per minggu. Ini penting, terutama jika Anda mencoba membangun audiens. 

Dengan mempertahankan jadwal posting yang teratur beberapa kali seminggu, saluran Anda akan menemukan dirinya berada di sisi baik dari algoritme YouTube.

Selain itu, semakin banyak konten yang Anda keluarkan di YouTube secara konsisten, semakin tinggi peluang Anda untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan dan menjangkau lebih banyak orang.

Baca Juga:
Utang di Bank Kini Bisa Jaminkan Konten Youtube, Ini Dasar Aturannya

2. Pilih Jenis Konten dan jadwalkan konten

Sebelum Anda mulai memposting di saluran YouTube baru Anda, Anda mungkin telah memutuskan jenis konten yang ingin Anda bagikan.  Untuk meningkatkan tampilan dan pengikut YouTube Anda, pastikan konten Anda menarik dan menarik. 

Berpegang teguh pada tema konten, membantu Anda untuk memiliki audiens yang tepat. Jadi, beri tahu audiens Anda apa yang diharapkan dan kemudian berikan konten yang menarik yang dapat mereka nikmati disaluran YouTube Anda.

3. Mulailah dengan perlengkapan yang sudah Anda miliki

Beberapa hambatan lain yang menahan orang adalah mereka percaya bahwa mereka membutuhkan peralatan canggih. Mereka pikir mereka membutuhkan kamera atau mikrofon yang sangat mahal, atau barang canggih lainnya. Padahal untuk jadi YouTuber pemula hal itu tak diperlukan.

Anda bisa mulai dengan apa pun yang Anda miliki dan mendapatkan alat yang lebih baik seiring waktu berjalan. Namun, tentunya kualitas video Anda sebelum mendapatkan kamera mahal tidak akan sama. Meski demikian, Anda hanya perlu memulainya

Jika Anda memiliki android, maka gunakan android untuk mulai membuat video. Dan pastikan Anda melalukannya seperti pada point pertama.

4. Tunjukkan karakter aslimu

Apa pun alasan Anda menjalankan saluran YouTube, pastikan Anda menikmati apa yang Anda lakukan, dan bersenang-senanglah saat melakukannya. Bahkan jika tujuan utama Anda di YouTube adalah menghasilkan uang. Semangat tetap harus menjadi motor utama penggerak bisnis Anda.

Mengapa gairah begitu penting dalam membuat saluran YouTube? Sebab, audiens Anda dapat membedakan ketika Anda berbicara dengan penuh semangat dan ketika Anda hanya berbicara karena Anda harus melakukannya. 

Jika Anda tidak bersemangat tentang apa yang Anda bicarakan, maka audiens Anda juga tidak akan bersemangat. Dan pemirsa Anda tidak akan menghabiskan waktu mereka untuk menonton video saat pembuat konten tampak tidak tertarik dengan topiknya. 

Demikian ulasan informasi mengenai tips menjadi YouTuber pemula yang bisa Anda aplikasikan. Selain beberapa tips di atas, ada beberapa tips lainnya yaitu pastikan Anda suka menonton setiap detik video Anda serta minta pemirsa Anda untuk berlangganan channel Youtuba Anda dan menyukai setiap postingan video Anda.

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.