Miliarder – Mendirikan sebuah bisnis adalah proses yang sangat kompleks yang rumit. Setiap aspek yang ada di dalamnya harus diperhatikan untuk memastikan kelancaran bisnis dan dapat mendatangkan keuntungan yang diharapkan. Tidak hanya jenis produk apa yang akan dijual, akuntansi atau pencatatan juga hal yang penting dalam sebuah bisnis.

Namun jika Anda adalah seorang pebisnis pemula dengan mobilitas tinggi dan tidak bisa selalu hadir untuk mengawasi operasional perusahaan setiap saat, maka Anda harus bisa mengawasi dan mengecek keuangan Anda kapan saja dan dimana saja. Tentu saja tidak ada yang tidak mungkin di era teknologi canggih seperti ini.

Tanpa perlu membawa laptop kemana-mana, Anda sudah bisa mengecek kondisi keuangan perusahaan melalui gawai kecil di saku Anda. Aplikasi akuntansi yang bisa diunduh pada perangkat Android dapat mendukung mobilitas Anda sekaligus memastikan bisnis Anda dalam kondisi stabil.

Saat Anda mengetik aplikasi akuntasi di kolom pencarian, Anda akan mendapatkan ratusan bahkan ribuan aplikasi yang membuat Anda bingung harus menggunakan yang mana. Berikut adalah 7 aplikasi akuntansi Android sederhana untuk membantu Anda mengontrol bisnis kapan saja dan dimana saja.

QuickBooks Online

QuickBooks adalah aplikasi akuntansi yang mendapatkan rating tertinggi di Playstore. Selain bisa diakses melalui smartphone, QuickBooks juga tersedia dalam versi desktop sehingga memudahkan Anda untuk meninjau keuangan perusahaan secara menyeluruh.

Zoho Books

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh Zoho Books adalah automated workflow, yaitu tugas-tugas yang biasa Anda kerjakan secara manual dan memakan waktu seperti mengkategorisasi pengeluaran atau mengelola faktur bisa dilakukan oleh aplikasi. Dengan demikian, Anda bisa melakukan tugas lain yang lebih penting sifatnya. Anda bisa memilih sendiri tugas mana yang ingin diotomatisasi, apakah itu mengirim tagihan kepada konsumen secara otomatis, membuat pembayaran rutin, atau mengirim pengingat pembayaran pada klien yang belum melunasi tagihan.

ZipBooks

ZipBooks mengklaim diri mereka sebagai aplikasi akuntasi pertama yang memungkinkan penggunanya untuk membiayai faktur langsung dari ponsel mereka. Aplikasi ini juga membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas kecil seperti menyunting pengeluaran, mengirim surat elektronik pada klien, membayar faktur, dan bahkan melakukan pembayaran antar mata uang.

GoDaddy Bookkeeping

Jika Anda hanya ingin melacak laba usaha, mengecek saldo yang dimiliki, dan menambahkan pengeluaran dengan mudah, maka GoDaddy adalah aplikasi terbaik yang bisa Anda dapatkan. Tanpa perlu membayar mahal, Anda bisa mendapatkan semua fitur yang diinginkan.

Namun sesuai dengan harganya yang lebih murah dibandingkan dengan aplikasi akuntansi lainnya, GoDaddy memang tidak menawarkan fitur yang lengkap. Hanya saja, jika bisnis Anda berskala kecil atau Anda hanya butuh untuk melakukan tugas-tugas dasar, maka aplikasi ini sudah cukup untuk Anda.

Simak Juga : software akutansi

Wave Invoicing

Sama seperti ZipBooks, Wave menawarkan aplikasi gratis pada para penggunanya. Anda akan bisa melakukan pelacakan pengeluaran yang tidak terbatas, bahkan mengelola lebih dari satu bisnis dalam akun yang sama. Jika menggunakan aplikasi lain, Anda akan diminta membayar biaya tambahan. Wave juga menawarkan fitur integrasi antara aplikasi ponsel dengan aplikasi software untuk diakses melalui komputer.

FreeAgent

Terakhir ada FreeAgent yang menawarkan banyak fitur keuangan yang bisa diakses melalui aplikasi mereka. Seperti mencetak struk, membuat faktur, dan mengirimkan tagihan. Namun keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini antara lain adalah menyimpan tanggal pembayaran pajak dan mengirimkan peringatan pada Anda agar tidak melewatkannya.

Banyaknya aplikasi akuntansi yang ada menawarkan fitur yang berbeda dan memiliki kekurangannya masing-masing. Aplikasi yang terbaik tentunya yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda dan semakin memudahkan Anda mengecek aktivitas keuangan dari masa saja.