Suara.com – Yasinan atau membaca surat Yasin sudah menjadi tradisi di Indonesia, mulai majelis-majelis kecil di kampung hingga bacaan Yasin digabung dengan Tahlil, hal ini menjadi bukti bahwa budaya Yasinan sudah mendarah daging di Tanah Air. Lalu apa keutamaan surat Yasin?

Menyadur NU Online, ada sebuah hadis yang menyebut “Yasin lima quriat lahu” yang artinya surat Yasin dibaca sesuai dengan niat yang membaca. Misalnya, Yasin dibaca ketika kita mengharapkan rezeki,menghadapi ujian bahkan hingga mencari jodoh.

Bahkan ketika meminta kesembuhan salah satu keluarga yang sedang kritis, surat Yasin dibaca dengan harapan bisa sembuh atau jika Allah ingin yang sakit kembali kepada-Nya, agar segera diambil dengan tenang.

Waktu yang dianjurkan untuk membaca surat Yasin ketika selesai salat subuh, salat maghrib, sebelum tidur atau waktu tertentu lainnya. Begitu istimewanya surat Yasin hingga disebut sebagai “jantung Al Quran” makan sebaiknya kita cari tahu, apa saja keutamaan membaca surat Yasin.

Baca Juga:
Jantungnya Al Quran, Inilah Penggalan Surat Yasin Latin 1-10

Dalam hadits riwayat al-Tirmidzi dan al-Darimi, Rasulullah SAW bersabda: 

“Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan sesungguhnya hati Alquran adalah Yasin, barangsiapa yang membacanya seakan ia membaca Alquran sepuluh kali” 

Keutamaan Surat Yasin

1. Memperoleh Berkah dari Allah SWT 

Dengan membaca surat Yasin, Allah akan memberikan limpahan keberkahan terhadap umatNya. Dianjurkan untuk membaca surat Yasin di pagi hari.

Baca Juga:
Hukum Baca Surat Yasin Saat Ziarah Kubur dalam Islam

2. Memperoleh Rezeki yang lancar


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.