Ingin merdeka tidak mau pakai masker itu akan merugikan orang lain

Jakarta (ANTARA) – Ahli Global Security Health Dicky Budiman meminta semua pihak untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-77 dengan menjunjung kesehatan di dalam semua lini kehidupan agar negara dapat segera bangkit dari pandemi COVID-19.

“Ingin merdeka tidak mau pakai masker itu akan merugikan orang lain. Merdeka harusnya dimaknai dengan meraih tujuan bersama untuk kesehatan bersama, sehingga kita bisa pulih bersama, kuat bersama dan maju bersama,” kata Dicky saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Menanggapi perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, Dicky mengevaluasi bahwa memasuki tahun ketiga pandemi COVID-19, Indonesia sudah memiliki capaian modal imunitas yang jauh lebih baik.

Hal tersebut dapat tercapai dengan usaha seluruh lapisan masyarakat yang bergotong royong dan bersedia membangun bekal imunitas yang dapat meredam dampak serius dari semua gelombang varian COVID-19 dan melakukan perubahan perilaku dengan menerapkan secara ketat protokol kesehatan selama beraktivitas.

Lewat terbentuknya perubahan perilaku dan tingkat imunitas yang jauh lebih baik itu, kini Indonesia juga bisa merasakan keleluasaan ataupun kemerdekaan dalam melakukan serangkaian aktivitas pemulihan dalam pembangunan tanpa adanya kekhawatiran terjadi banyak bermunculannya klaster COVID-19.

Baca juga: Mendikbudristek: PMM dorong pemulihan Indonesia dari pandemi COVID-19

Baca juga: Anggota DPR RI: Indonesia harus merdeka dari pandemi

Meski Indonesia sedang merayakan kemerdekaannya, Dicky menyerukan agar semua pihak tidak lupa bahwa dunia masih belum merdeka dari pandemi. Upaya testing, tracing dan treatment (3T) serta protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta vaksinasi masih harus terus dibangun agar negara dapat menekan penularan virus.

“Pengertian merdeka dalam konteks COVID-19, bukan betul-betul tidak ada COVID-19. Tapi merdeka dalam artian kita bisa kendalikan COVID-19, sehingga keberadaannya menjadi sangat kecil dan tidak berdampak pada aspek kehidupan sehari-hari kita baik itu kesehatan, ekonomi dan sebagainya,” ujar Dicky yang juga Epidemiolog dari Griffith University Australia itu.

Adapun saran yang ia berikan agar Indonesia dapat pulih dengan cepat dan bangkit lebih kuat yakni dengan membangun sirkulasi ventilasi udara yang lebih baik di seluruh tempat dan mengubah perilaku terhadap alam dan satwa liar sehingga dapat terbentuk harmonisasi kesehatan.

Sebab, hal itu dapat mencegah terjadinya timbul wabah baru ataupun virus lain yang berasal dari hewan dan menular ke manusia (zoonosis).

“Itu bisa kita buktikan dan harus bisa kita pertahankan, sekali lagi selamat HUT Dirgahayu RI ke-77. Saya bangga menjadi Indonesia dan kita tunjukkan kebanggaan kita dengan terus mengisi dan berperan dalam setiap aspek, mengisi pembangunan Indonesia yang kita cintai,” kata dia.

Baca juga: Presiden minta mahasiswa gerakkan masyarakat ikuti Vaksinasi Merdeka

Baca juga: Ribuan santri di Cirebon ikuti Vaksinasi Merdeka

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.