Miliarder – Kalau mobil dan motor sudah terlalu biasa kita lihat di kehidupan sehari-hari atau di dalam film. Kalau kapal bisa jadi kendaraan yang paling jarang kita lihat. Makanya, film tentang kapal bisa jadi sebuah tontonan menarik yang juga menambah wawasan kita.

Memang nggak banyak film yang bercerita tentang kapal, tetapi bukan berarti nggak ada. Kalau kamu tertarik menonton film tentang kapal, artikel ini akan memberikan rekomendasi. Ada 7 film tentang kapal dari berbagai genre yang sudah dipilihkan. Semoga film-film yang diulas di bawah bisa membantu kamu mengisi waktu luang.

1. Captain Philips

Richard Phillips, kapten kapal Maersk Alabama membawa kargo sebesar 17.000 ton dan 20 orang awak. Kapalnya melewati daerah berbahaya tempat beraksinya para perompak. Empat orang perompak bersenjata api berhasil menaiki Maersk Alabama. Kapten Phillips sempat memerintahkan beberapa awaknya untuk bersembunyi namun dia malah disandera oleh para perompak.

Kisah penyelamatan kapal Maersk Alabama oleh Kapten Phillips diambil berdasarkan kisah nyata. Dibintangi oleh Tom Hanks, film ini menyajikan drama dan ketegangan yang bisa menyentuh sisi emosional penontonnya. Kalau kamu ingin tahu sebesar apakah risiko yang menghantui para pelaut selain masalah cuaca, film ini akan bercerita banyak soal itu.

2. Speed 2: Cruise Control [1997]Speed 2 Cruise Control

Setelah kesuksesan film perdananya, Speed kembali dengan sekuel keduanya. Kalau edisi pertama menceritakan pengalaman menegangkan di bus maka edisi kedua mengambil set di sebuah kapal. Sepasang kekasih, Annie dan Alex berlibur di sebuah kapal pesiar yang dibajak oleh seorang bernama Geiger. Dia hendak menabrakkan kapal tersebut ke kapal minyak.

Speed 2: Cruise Control dibintangi oleh Sandra Bullock dan Jason Patric. Kamu nggak perlu nonton film pertamanya dulu untuk bisa menikmati cerita film ini. Kedua film tersebut, meski punya inti cerita yang sama tetapi keduanya bisa dinikmati tanpa harus terhubung satu sama lain. Kedua cerita itu sama-sama menegangkan dan seru untuk disimak.

3. Triangle

Jess adalah seorang ibu tunggal yang punya anak berkebutuhan khusus bernama Tommy. Dia berlibur menggunakan kapal milik temannya, Greg. Waktu badai datang badai menerpa, dia diselamatkan oleh kapal pesiar bernama Aeolus. Dia dan teman-temannya menaiki kapal tersebut, bukannya selamat dia justru mendapati kalau teman-temannya dibunuh satu per satu.

Triangle adalah film yang menggunakan konsep time loop. Cerita yang diulang-ulang serta penggambaran konflik yang menjadi rumit. Kalau kamu suka film thriller, maka film ini wajib untuk ditonton.

4. Poseidon

Sebuah kapal pesiar mewah bernama Poseidon berlayar pada hari pergantian tahun. Niat untuk bersenang-senang para penumpangnya harus berubah saat di tengah Samudera Atlantik kapal tersebut diterjang gelombang besar. Penumpang yang datang dari kondisi berbeda-beda serta keinginan berbeda-beda cuma punya satu tujuan dalam kondisi tersebut yaitu menyelamatkan diri.

Poseidon menggunakan cerita yang sederhana tentang bencana dan upaya menyelamatkan diri. Cara menyelamatkan diri tersebut yang jadi menarik karena memberikan sudut pandang yang berbeda-beda. Ada yang mengikuti anjuran kapten untuk menunggu bantuan, ada pula yang memilih untuk menyelamatkan diri dengan cara mereka sendiri.

5. Battleship

Sebuah planet yang menyerupai bumi ditemukan. NASA berusaha mengirimkan sinyal kepada planet tersebut. Nggak lama kemudian datang benda asing yang mendarat di wilayah perairan. Wilayah tersebut sedang diadakan latihan perang bersama antara Angkatan Laut Amerika dan Jepang, mereka kemudian bekerja sama untuk memerangi benda asing tersebut.

Alex Hooper memimpin rekan-rekannya untuk menghadapi serangan benda asing yang dikendalikan alien. Dia berusaha untuk menghancurkan kapal-kapal tersebut dan mencegah alien tersebut mengirim sinyal ke planetnya karena dapat mengundang lebih banyak alien ke bumi. Film ini cocok buat yang suka cerita fantasi tentang alien.

Simak Juga : enjintuls.com

6. Master and Commander: Far Side of the World

Jack Aubrey, kapten AL Inggris dengan kapal bernama HMS Surprise diberikan perintah untuk memburu kapal Perancis bernama Acheron. Kegagalan sempat menimpa Aubrey dengan rusaknya kapal serta anggotanya yang meninggal. Kapal Acheron yang lebih kuat membuatnya harus memutar otak untuk dapat mengalahkannya.

Film ini menggunakan latar abad ke-18 mengenai pertempuran antara Inggris dan Perancis. Diadaptasi dari sebuah novel karya Patrick O’Brien, sang sutradara yaitu Peter Weir membuat film ini padat dan menarik untuk ditonton.

Mengangkat konflik internal para karakternya dan kehidupan di kapal pada saat perang, film ini berhasil menyajikan cerita yang emosional sekaligus menenangkan.

7. Crimson Tide

Sebuah kapal selam nuklir yang membawa misil balistik bernama Crimson Tide dipimpin oleh Kapten Frank Ramsey yang selalu menuruti perintah atasannya. Perwira utama di kapal tersebut nggak bisa ikut karena harus menjalani operasi usus buntu. Dia menunjuk Letnan Komandan Don Hunter yang sifatnya bertolak belakang.

Masalah muncul saat basis nuklir Rusia direbut oleh pemberontak yang anti Amerika. Sebuah pesan dikirim ke kapal Ramsey namun pesan tersebut nggak terkirim secara utuh. Ramsey merasa itu adalah perintah untuk menyerang, sementara Hunter enggan melakukannya karena menurutnya pesan tersebut nggak utuh. Apa yang terjadi selanjutnya? Nonton filmnya, ya!