Suara.com – Puasa senin kamis memiliki banyak manfaat baik itu secara spiritual maupun medis. Apa saja manfaat puasa senin kamis?

Setidaknya Suara.com mendapatkan 14 manfaat puasa senin kamis yang perlu anda ketahui. Bagaimana bisa ibadah puasa sunnah ini memiliki banyak manfaat?

Salah satu penyebabnya adalah karena puasa ini termasuk ibadah yang dilakukan dengan jangka waktu rutin setiap minggu. Tidak hanya tubuh yang dilatih menahan diri, tapi juga jiwa, mental atau perasaan seseorang.

Berikut ini penjelasan beberapa manfaat puasa senin kamis yang dirangkum Suara.com.

Baca Juga:
3 Macam Puasa Muharram selain Puasa Asyura dan Tasua, Apa Saja?

1. Dibukanya pintu surga

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa hari Senin Kamis adalah waktu ketika Allah SWT membuka pintu surga.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada Hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan”. (HR Muslim)

Inilah manfaat puasa senin kamis yang pertama dari sisi pandangan Islam. Yaitu, untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya.

2. Sunnah Rasul

Baca Juga:
10 Puasa yang Paling Dianjurkan Rasulullah, Ada Puasa untuk Bujangan

Rasulullah SAW memang diketahui rutin melakukan beberapa puasa sunnah, salah satunya adalah puasa senin kamis. Hal ini diungkapkan oleh istri nabi, Aisyah radhiyallu ‘anha: “Nabi selalu menjaga puasa Senin dan Kamis.” (H.R Tirmidzi dan Ahmad).

3. Hari penyetoran amal manusia

Masih berkaitan dengan poin pertama. Dua hari itu, Senin dan Kamis adalah hari penyetoran amal manusia.

Rasulullah SAW bersabda: “Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap Senin dan Kamis. Maka akan ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa,” (HR. Tirmidzi).

4. Melatih Disiplin

Puasa senin kamis yang dilakukan rutin akan melatih kedisiplinan seorang muslim. Sebab, setiap dua hari dalam seminggu seseorang akan dituntut mematuhi aturan-aturan puasa.

5. Meredam Hawa Nafsu

Setelah seseorang rutin melakukan puasa senin kamis, dampaknya akan baik bagi emosinya. Hawa nafsu yang meledak-ledak akan diredam dan mudah dikontrol.

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits, ketika Rasulullah SAW memberikan saran kepada pemuda yang hendak menikah. Namun, mereka belum mempunyai kecukupan maka dari itu mereka dianjurkan untuk berpuasa oleh Rasulullah SAW.

6. Hari lahir dan wafatnya Nabi Muhammad

Setiap hari dalam pandangan Islam adalah waktu yang baik dan mulia. Namun khusus hari Senin punya kesan istimewa bagi Nabi Muhammad.

Hari Senin adalah hari kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad. Rasulullah SAW bersabda: “Nabi ditanya soal puasa pada Hari Senin, beliau menjawab ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim).

7. Menjaga daya ingat

Setelah membahas manfaat puasa senin kamis menurut pandangan Islam, kini giliran berdasarkan sisi ilmiahnya. Puasa rutin dengan jangka waktu yang teratur dipercaya menjaga daya ingat pikiran manusia.

Sebagaimana hasil penelitian dari Laboratory of Neurosciences National Institute of Aging, menyebutkan bahwa puasa ini bisa mempertajam daya ingat.

Para peneliti mengatakan, dampak diet dan puasa terhadap saraf. Hasilnya, puasa bisa mengakibatkan tekanan oksidatif ringan. Selain itu bisa membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA.

8. Menurunkan berat badan

Puasa seperti diet. Jika dilakukan dengan rutin seperti puasa senin kamis maka zat berbahaya dan lemak di tubuh dapat ditekan. Alhasil, berat badan dapat menurun.

9. Mengurangi sel kanker

Hasil sebuah eksperimen menunjukkan penderita kanker yang puasa 8-10 jam menjelang pengobatan rutin tidak merasakan adanya rasa pegal, lemas atau gangguan pencernaan saat melakukan pengobatan.

10. Meminimalisir serangan jantung

Penelitian yang diterbitkan British Journal of Medicane memperlihatkan, orang yang rutin puasa dengan jeda waktu tertentu memiliki lebih rendah risiko serangan jantung.

Orang yang puasa rutin mengalami penurunan tekanan darah sistolik (tekanan yang diterima pembuluh darah ketika jantung berdetak). Penurunan darah sistolik berpengaruh langsung dalam mengurangi risiko serangan jantung.

11. Mengatasi risiko diabetes tipe 2

Tahukah kalian? Puasa rutin juga direkomendasikan para praktisi kesehatan sebagai metode terapi untuk mengurangi resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Bagaimana bisa? Kadar gula darah bagi orang yang berpuasa akan turun hingga 5-6 persen. Puasa juga bisa melindungi ginjal dari kerusakan yang menjadi salah satu komplikasi penyakit diabetes.

12. Menguatkan kekebalan tubuh

Puasa dipercaya mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga dampaknya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

13. Organ pencernaan terjaga

Puasa menjadi waktu istirahat bagi organ pencernaan manusia, seperti lambung maupun usus. Sehingga manfaat puasa Senin Kamis bagi pria dan wanita juga bisa membantu dan menjaga kesehatan organ pencernaan.

14. Meningkatkan Rasa Syukur

Puasa rutin seperti puasa senin kamis dapat menimbulkan rasa empati bagi orang yang menjalankan. Selain itu, ibadah ini juga mampu menyadarkan kita untuk terus bersyukur, sebab merasakan lapar, seperti kondisi yang dialami orang-orang yang kesusahan.

Seperti itulah penjelasan sejumlah manfaat puasa senin kamis yang baik untuk kesehatan jiwa dan raga seseorang.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.