Ada 100 ribu peserta yang hadir, 12 kepala negara, 56 menteri dari 172 negara

Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 12 kepala negara dan 56 menteri diperkirakan menghadiri Forum Air Dunia (World Water Forum/WWF) di Bali pada 2024, kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Ada 100 ribu peserta yang hadir, 12 kepala negara, 56 menteri dari 172 negara,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam “National Stakeholders Forum: 10th World Water Forum First Announcement” di Jakarta, Jumat.

Forum Air Dunia merupakan kegiatan pertemuan internasional terbesar di bidang air yang membahas pengelolaan sumber daya air melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Forum tersebut diprakarsai Dewan Air Dunia atau World Water Council (WWC) dan diselenggarakan setiap tiga tahun sekali sejak 1997.

Menteri Basuki mengatakan Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah Forum Air Dunia.

Menurut dia, Indonesia akan mengambil banyak manfaat dari WWF di Bali, seperti pengetahuan dari berbagai diskusi mengenai pengelolaan sumber daya air di tengah ancaman krisis iklim. Pengetahuan mengenai pengelolaan air itu diharapkan dapat memperkuat upaya mitigasi Indonesia terhadap bencana alam, seperti banjir bandang dan longsor.

Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga akan memperoleh manfaat dari berbagai pembahasan mengenai pengelolaan sumber daya air untuk meningkatkan produksi pangan guna menghadapi potensi krisis pangan global.

Baca juga: UNESCO dukung Indonesia sukseskan Forum Air Dunia di Bali

“Pesan Bapak Presiden (Joko Widodo), kita ambil semua keilmuan mengenai air. Ini festival terbesar dalam pengelolaan air. Jadi kita ambil sebanyak banyaknya manfaat tentang pengelolaan sumber daya air,” kata Menteri PUPR itu.

“Ini bisa membawa dampak ekonomi yang besar dan membawa manfaat mengenai diskusi ilmu keairan karena kita punya 5.600 sungai, irigasi seluas 7 juta hektare, kita juga punya 300 bendungan, 3 juta lahan rawa yang potensial dikembangkan untuk lahan pangan,” kata Menteri Basuki.

Selain dampak terkait pengelolaan air, Menteri PUPR juga meyakini kedatangan 100 ribu peserta dalam Forum Air Dunia akan menimbulkan efek berlipat ganda ekonomi terutama untuk sektor pariwisata dan UMKM di Bali dan sekitarnya.

“Maka itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hadir. Akan ada 100 ribu delegasi yang datang tanpa promosi,” ujarnya.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Forum Air Dunia ke-10 tahun 2024 dalam penyelenggaraan WWF ke-9 di Dakar, Senegal, pada 19 Maret 2022) dimana Indonesia memperoleh 30 suara dari total 36 suara Dewan Gubernur (Board of Governors) World Water Council.

WWF 2024 direncanakan berlangsung pada 3 Juni 2024 selama sepekan di Bali.

Baca juga: Menteri PUPR undang berbagai negara hadiri Forum Air Dunia di Bali

Baca juga: Menteri PUPR berharap World Water Forum dorong tindakan kolaboratif

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.