miliarder.co.id – Pakar mikro ekspresi, Kirdi Putra membongkar tiga kejanggalan mimik wajah yang diluapkan Ferdy Sambo saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Ada tiga bagian utama kejanggalan mimik wajah Ferdy Sambo yang sangat menarik, salah satunya saat sang jenderal datang memasuki area rekonstruksi pembunuhan Brigadir J .

Menurut Kirdi Putra , tarikan wajah Ferdy Sambo menyiratkan kesedihan di wajah sang jenderal, namun jika ekspresi tersebut digabungkan dengan emosi, Ferdy Sambo justru terlihat murung.

“Di bagian bibirnya agak turun ke bawah, kemudian samping alik turun ke bawah sedikit, itu basis emosinya sedih, tapi digabungkan dengan cara dia tampil ini lebih cenderung murung,” kata Kirdi Putra .

Bukan sebuah penyesalan, Kirdi Putra menyebut Ferdy Sambo cenderung sedih karena ada tragedi sederhana yang membuatnya terganggu.

Poin kedua, saat Ferdy Sambo berhadapan dengan Putri Candrawathi , Kirdi Putra melihat ekspresi wajah Ferdy Sambo justru lebih formal.

“Saat bersama PC, dia terlihat lebih formal, canggung, tegang, tapi kita baca itu seperti canggung, kecuali saat sedang memeluk,” ujar Kirdi Putra dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam kanal YouTube Intens Investigasi.

Menurut Kirdi Putra , ada dua kemungkinan Ferdy Sambo terlihat canggung saat bertemu istrinya tersebut.

“Kemungkinan pertama karena mereka sudah lama tidak bertemu, tapi kayaknya ini logika gak nyambung, atau yang kedua ketika FS gak nyaman karena melibatkan PC yang sebetulnya PC gak harus kena, ini lebih perasaan bersalah kayak gitu, atau memang ada sesuatu di antara mereka terkait masalah ini,” tuturnya.

Kirdi Putra kemudian menelisik ekspresi Ferdy Sambo saat pertama kali datang ke tempat rekonstruksi, ia menyebut sang jenderal tidak menunduk atau menghindari tatapan orang sekitar.

“Ini ada dua kemungkinan, pertama dia mungkin kebiasaan sekian puluh tahun tegap seperti itu di dalam ruangan, jadi faktor dominan, atau yang kedua kondisi dia cukup percaya diri, pertanyaan menarik apa yang membuat dia sedemikian percaya diri? Punya kesaktian apa sih dia?,” katanya.

Jika ditarik saat Ferdy Sambo menjalani sidang etik, Kirdi Putra juga melihat ekspresi serupa yang ditampilkan Ferdy Sambo .

“Kalau dua-duanya digabungkan, dua-duanya selaras, ini santai, ini cenderung percaya diri, ini dia masih pegang apa?,” tutur Kirdi Putra .***