Bintang sepak bola Argentina Diego Maradona pernah dihormati dengan berbagai cara. Sebuah perusahaan teknologi finansial berambisi memberikan penghormatan yang tidak biasanya dengan membawa kenangan mengenai mendiang bintang sepak bola legendaris itu ke antariksa.

Proyek yang dirancang oleh perusahaan Give and Get ini pada intinya akan meluncurkan sepasang sepatu Maradona dan satu juta pesan penggemarnya dari berbagai perjuru dunia ke antariksa dengan satelit yang disebut Cosmic Kite.

Tanggal peluncurannya belum dikukuhkan, tetapi pergerakan satelit itu akan bisa dilacak melalui sistem geolokasi dan siaran langsung, kata Maximiliano Gallo, manajer umum proyek tersebut.

“Sepatu dan rekaman pesan audio dan video yang dikumpulkan dari seluruh dunia, dan dari tempat-tempat di mana Diego membuat sejarah akan dikirim via satelit ke antariksa. Idenya adalah bahwa semuanya didokumentasikan sehingga orang-orang dapat mengetahui bahwa ini bukan bohong-bohongan. Sepatu itu akan dilengkapi kamera dan dibawa oleh Cosmic Kite. Kita, dari bumi, akan dapat melihat rute yang diambil sepatu itu. Intinya, pesan untuk Diego dari seluruh dunia sampai padanya sedekat mungkin,” jelasnya.

Pesan untuk Maradona akan Dibawa ke Antariksa

Sebuah mural dengan gambar Diego Maradona dan Kepulauan Malvinas di lingkungan San Pablo, Buenos Aires, 23 Mei 2022. (AP Photo/Rodrigo Abd)

Proyek ambisius ini berencana akan mengumpulkan satu juta pesan dari penggemar Maradona di seluruh dunia. Sebagai tahap awal, di Pangkalan Udara Moron di Buenos Aires, ibu kota Argentina, Sabtu lalu (23/7), perusahaan itu mengumpulkan ratusan penggemar Maradona untuk merekam pesan penghormatan mereka kepada pemain sepakbola yang meninggal karena serangan jantung pada November 2020 tersebut.

Enrique Trincado adalah salah satu di antara mereka. Ia penggemar berat Maradona. dan ia yakin nama Argentina harum karena Maradona. Untuk pesannya yang akan dikirim ke antariksa, ia mengatakan begini:

“Diego, saya berbicara kepada Anda atas nama semua orang Argentina. Di mana pun Anda berada, saya harap Anda akan membantu kami membawa Piala Dunia ke Argentina tahun ini,” kata Trincado.

Putri Diego Maradona, Dalma, dan Yanina, di depan pesawat yang didedikasikan untuk mendiang legenda sepak bola di Buenos Aires, Argentina, Rabu, 25 Mei 2022. (Foto: AP )

Putri Diego Maradona, Dalma, dan Yanina, di depan pesawat yang didedikasikan untuk mendiang legenda sepak bola di Buenos Aires, Argentina, Rabu, 25 Mei 2022. (Foto: AP )

Sebastian Gaia, penggemar Maradona lainnya, juga ikut berpartisipasi. “Saya merasa ia masih bersama kita. Ada sesuatu yang ajaib, dan meski Diego sudah tidak ada lagi di sini, tim nasional sudah mulai menang. Seolah-olah ia ada dari atas membantu kita. Luar biasa dan tidak bisa dipercaya. Saya tidak bisa menjelaskannya. Saya yakin Argentina akan memenangkan Piala Dunia ketiga,” jelasnya.

Di Moron, para penggemar tidak hanya berbagi kenangan soal Maradona, Mereka bisa menyaksikan langsung gambar-gambar Maradona yang terpasang di tubuh pesawat-pesawat penumpang, mengamati foto-foto Maradona hasil jepretan juru kamera profesional dan bahkan berfoto dengan hologram mendiang pemain sepakbola itu. [ab/uh]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.