Seorang gubernur negara bagian AS bertemu dengan presiden Taiwan, Senin (22/8), beberapa hari setelah Washington mengumumkan akan melangsungkan pembicaraan perdagangan dengan Taipei sebagai bentuk dukungan menyusul ancaman militer China terhadap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Eric Holcomb, Gubernur Indiana dari Partai Republik, mendarat di Taiwan pada hari Minggu. Kantornya mengatakan, kunjungannya itu merupakan lawatan yang ditujukan untuk pembangunan ekonomi.

Ketegangan AS-China telah meningkat sejak Beijing menggelar latihan militer besar-besaran sebagai pembalasan atas kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan sebelumnya bulan ini.

Taiwan hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China, yang mengklaim pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya dan akan direbut suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

Beijing mengecam tindakan diplomatik apa pun yang mungkin memberi legitimasi kepada Taiwan dan telah menanggapi dengan kemarahan yang meningkat atas kunjungan para pejabat dan politisi Barat ke sana.

Gubernur AS Bertemu Presiden Taiwan

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berjabat tangan dengan Gubernur Indiana AS Eric Holcomb dalam pertemuan di kantor Kepresidenan di Taipei, Taiwan, Senin, 22 Agustus 2022. (Kantor Kepresidenan Taiwan via AP)

Dalam pertemuannya dengan Holcomb pada hari Senin, Presiden Tsai Ing-wen secara langsung membahas latihan militer Beijing dan menyerukan negara-negara yang berpikiran sama untuk terus mendukung Taiwan.”Saat ini kita menghadapi perluasan otoritarianisme global yang berkelanjutan,” katanya kepada Holcomb.

“Taiwan dihadapkan pada ancaman militer dari China di Selat Taiwan dan sekitarnya. Saat ini semua sekutu demokratis harus saling mendukung dan meningkatkan kerja sama di semua bidang,” katanya.

Holcomb mengatakan Amerika Serikat dan Taiwan menjunjung banyak nilai, minat, dan tujuan yang sama. “Kami akan terus berupaya membangun kemitraan strategis dengan Anda,” katanya.

Gubernur Indiana AS Eric Holcomb dalam pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, di kantor Presiden di Taipei, Taiwan, Senin, 22 Agustus 2022. (Kantor Kepresidenan Taiwan via AP)

Gubernur Indiana AS Eric Holcomb dalam pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, di kantor Presiden di Taipei, Taiwan, Senin, 22 Agustus 2022. (Kantor Kepresidenan Taiwan via AP)

Holcomb juga diperkirakan akan bertemu dengan perwakilan dari industri semikonduktor terkemuka dunia di Taiwan sebelum berangkat pada hari Rabu ke Korea Selatan.

Selain Korea Selatan, Taiwan memproduksi beberapa chip komputer terkecil dan tercanggih di dunia, komoditas yang penting untuk elektronik tetapi pasokannya terbatas di seluruh dunia.

Amerika Serikat berusaha mendorong perusahaan-perusahaan Taiwan membangun fasilitas pembuatan chip di Amerika untuk mendiversifikasi rantai pasokan, sesuatu yang juga disebut Tsai pada hari Senin. “Taiwan bersedia dan mampu memperkuat kerja sama dengan mitra-mitranya dalam membangun rantai pasokan chip yang berkelanjutan,” katanya.

Kunjungan Holcomb dilakukan setelah munculnya pengumuman mengenai akan dilangsungkannya pembicaraan perdagangan antara Washington dan Taipei dalam beberapa bulan mendatang.

China mengecam rencana pembicaraan bisnis Taiwan dengan Washington meskipun Beijing juga memiliki beberapa kesepakatan perdagangan sendiri dengan Taiwan, yang ditandatangani sewaktu hubungan mereka lebih hangat. [ab/uh]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.