Waspada, Penipuan Kripto Makin Marak - GenPI.co
Ilustrasi mata uang kripto. Foto: Antara/shutterstock

GenPI.co – Perkembangan dunia kripto yang makin pesat banyak dimanfaatkan para pelaku kejahatan.

Berdasarkan laporan dari Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat atau US Federal Trade Commision (FTC) pada Juni, bahwa jumlah penipuan tahun ini meningkat hingga lima kali lipat dibandingkan 2020.

Diperkirakan ada sebanyak USD 1 miliar kripto telah hilang dalam penipuan yang dilakukan oleh para scammers sepanjang tahun.

BACA JUGA:  Pasar Kripto Lagi Bagus, Bitcoin Langsung Ngacir

Dilansir dari Cointelegraph pada Selasa (9/8/2022), Kepala Produk dari Aurora Labs, Matt Henderson menceritakan pengalamannya yang hampir saja terperangkap dalam penipuan melalui transaksi over-the-counter (OTC).

Henderson bertemu seorang penipu yang dikenal sebagai Olai dengan modus membuat korban percaya bahwa pembayaran telah diterima untuk transaksi kripto OTC, meskipun sebenarnya tidak.

BACA JUGA:  5 Aset Kripto Prediksi Melemah, Jangan Dibeli

Henderson menyebutkan bahwa Olai menghubunginya melalui aplikasi Telegram untuk menanyakan mengenai pembelian token AURORA dengan USD Coin (USDC).

Setelah setuju untuk melakukan transaksi melalui Escrow, Henderson mulai mencurigai sesuatu.

BACA JUGA:  Sri Mulyani Sampaikan Kabar Gembira, Semua Boleh Tersenyum

Saat mitra Escrow-nya membagikan tangkapan layar yang menunjukkan bahwa Henderson telah memberikan lampu hijau untuk melepaskan token AURORA dalam jumlah penuh kepada pembeli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.