GenPI.co Bali – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewanti-wanti masyarakat Bali waspada selama beberapa hari kedepan lewat peringatan dini banjir rob.

Fenomena banjir di perairan ini kabarnya bakal terjadi di 26 pantai seantero Pulau Seribu Pura.

Gilanya lagi, banjir rob bakal terjadi selama enam hari mulai dari Selasa (12/07/22) hingga Minggu (17/07/22).

“Fenomena super full moon atau fase bulan purnama yang bersamaan dengan fase pasang air laut tertinggi pada 13 Juli 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya ketinggian pasang air laut,” Imam Fatchurochman, Senin (11/07/22).

Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar juga menjelaskan bagaimana pantauan perairan di Bali selama sepekan kedepan nanti.

Menurut Iman, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir alias rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir pada Selasa besok (12/07/22) hingga Minggu (17/07/22) mendatang.

26 pantai yang berpotensi mengalami banjir rob di antaranya pantai Pulukan, Pekutatan, Balian, Soka, Pasut, Kelanting, Yeh Gangga, Kedunggu, Tanah Lot, Batu Bolong dan Pantai Seminyak.

Banjir rob juga berpotensi terjadi di Pantai Kuta, Jerman, Nusa Penida, Balangan, Padang-Padang, Nunggalan, Pandawa, Nusa Dua, Serangan, Sanur, Sindhu, Saba, Masceti, Kusumba dan Lebih.


Artikel ini sudah tayang di JPNN.com dengan judul: BMKG Bali Keluarkan Peringatan Dini Banjir Rob di 26 Pantai, Waspada!

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari bali.genpi.co.