TRIBUNSTYLE.COM – Simak video viral warga Sri Lanka duduki rumah elit politik, bahagia masak hingga renang di rumah Presiden.

Kabar bangkrutrnya negara Sri Lanka menjadi perhatian dunia.

Namun ada hal-hal unik yang terjadi saat demo dan kericuhan di Sri Lanka ini.

Kejadian unik ini adalah ketika pendemo dan warga yang duduki rumah Presiden Sri Lanka. 

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa setuju untuk mengundurkan diri setelah rumah dan kantornya diserbu oleh pengunjuk rasa dan rumah Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe dibakar, Sabtu (9/7/2022).

Baca juga: Menkes Sri Lanka Sarankan Minum Jamu Penyihir demi Lawan Covid-19, Langsung Dicopot Presiden

Baca juga: SIAPA Caroline Jurie? Simak Profil Mrs World yang Copot Paksa Mahkota Mrs Sri Lanka hingga Ditangkap

VIRAL Video Warga Sri Lanka Duduki Rumah Elit Politik, Bahagia Masak hingga Renang di Rumah Presiden
Penduduk Sri Lanka berkerumun di dalam istana kepresidenan Sri Lanka, di Colombo pada Minggu (10/7/2022), sehari setelah diserbu oleh pengunjuk rasa anti-pemerintah. Istana kepresidenan era kolonial Sri Lanka telah mewujudkan otoritas negara selama lebih dari 200 tahun, tetapi pada 10 Juli itu adalah simbol baru pulau kekuatan rakyat setelah penghuninya melarikan diri. (AFP/ARUN SANKAR)

Dalam siaran langsung terlihat para pengunjuk rasa memasak kari di dapur, berbaring di tempat tidur dan sofa, hingga melompat ke kolam renang.

Dilansir The Guardian, melalui pernyataan yang disampaikan Ketua Parlemen Mahinda Yapa Abeywardena, Presiden mengatakan akan mundur dari kekuasaan pada 13 Juli 2022.

“Keputusan untuk mundur pada 13 Juli diambil untuk memastikan penyerahan kekuasaan secara damai,” kata Abeywardena.

“Karena itu saya meminta masyarakat untuk menghormati hukum dan menjaga perdamaian.”

Dikutip Al Jazeera, berita tentang keputusan presiden itu memicu ledakan kembang api perayaan di beberapa bagian ibu kota, Kolombo.

Pernyataan yang disampaikan larut malam itu juga menyebut Gotabaya mundur tiga hari mendatang untuk memastikan transisi kekuasaan yang damai dengan penggantinya.

Hal ini diklaim sebagai kemenangan besar bagi para pengunjuk rasa yang telah berbulan-bulan menyerukan agar Gotabaya mengundurkan diri.

“Hari ini adalah hari kemerdekaan bagi saya yang lahir di negara ini, bukan tahun 1948, karena hari ini kita telah berjuang untuk kebebasan kita dari tirani dan para b****gan dan politisi serakah yang telah menjalankan bangsa kita ke titik nol,” kata seorang pengunjuk rasa kepada Al Jazeera.

Sementara itu, Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengatakan akan mengundurkan diri segera setelah pemerintahan semua partai yang baru dibentuk.

Demonstran terlihat berenang di kolam renang yang berada di kediaman Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa pada Sabtu (9/7/2022). Di sisi lain, Rajapaksa disebut diamankan di sebuah tempat yang tidak diketahui.
Demonstran terlihat berenang di kolam renang yang berada di kediaman Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa pada Sabtu (9/7/2022). Di sisi lain, Rajapaksa disebut diamankan di sebuah tempat yang tidak diketahui. (Tangkap layar dari bbc.com)


Artikel ini bersumber dari style.tribunnews.com.