JAKARTA, celebrities.id – Banyak orang yang bingung untuk menentukan skincare untuk kulit kombinasi yang tepat. Pasalnya saat ini sudah banyak sekali jenis skincare yang dijual bebas di pasaran

Untuk itu, memahami jenis kulit merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang berminyak di beberapa area dan kering di bagian lainnya. Biasanya orang yang memiliki kulit kombinasi cenderung berminyak di area T zone (dahi, hidung) dan kering di bagian pipi.

Penyebab kulit kombinasi dapat ditentukan oleh genetik. Namun, seiring waktu kondisi ini dapat berubah karena perubahan hormonal dan faktor lingkungan. Untuk skincare yang cocok untuk kulit kombinasi, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan coba pilih produk yang lembut di kulit dan dapat melembapkan area kering di wajah, tanpa membuat lebih banyak minyak di area yang sudah berminyak.

Rangkaian Skincare untuk Kulit Kombinasi di Pagi Hari

Morning skincare routine penting sekali sebelum kamu mulai beraktivitas. Kamu bisa ikuti tips skincare pagi hari untuk kulit kombinasi berikut:

1. Gunakan Pembersih untuk Kulit Kombinasi

Pakai facial cleanser yang diformulasikan untuk kulit kombinasi. Mencuci muka di pagi hari sangat penting untuk menghilangkan sisa-sisa skincare yang digunakan di malam hari. Manfaat cuci muka di pagi hari juga membuat kulit lebih bersih ketika dioleskan skincare. Jadi, penyerapan dan efektivitasnya bisa cenderung lebih baik.

2. Pilih Toner Bebas Alkohol

Toner yang dipakai dengan kapas dapat membantu menghilangkan sisa minyak atau kotoran yang tidak terangkat oleh sabun pembersih wajah. Fungsi toner juga dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit kamu.

3. Serum

Salah satu kandungan skincare untuk kulit kombinasi, misalnya pada serum, yang bisa digunakan adalah hyaluronic acid atau asam hialuronat. Bahan ini dapat menghidrasi dan melindungi kulit.

4. Pelembap

Meski ada bagian kulit yang berminyak, bukan berarti kamu tidak butuh pelembap, lho. Mungkin kamu perlu dua pelembap, yaitu jenis krim untuk area yang kering dan pelembap berformula air untuk bagian yang berminyak. Namun kamu tidak usah bingung. Kini sudah banyak pilihan moisturizer untuk kulit kombinasi yang mudah digunakan. Sesuaikan kandungannya dengan kondisi kulit kamu, ya.

5. Sunscreen

Selalu gunakan sunscreen di pagi hari, apalagi sebelum keluar rumah. Pilihlah tabir surya dengan formula yang ringan dan setidaknya mengandung SPF 30. Dokter Dyah Novita mengingatkan, Penggunaan sunscreen sama pentingnya untuk semua jenis kulit, karena bisa melindungi dari risiko kanker kulit dan hiperpigmentasi (spot cokelat di kulit).

6. Gunakan Produk Makeup untuk Kulit Kombinasi

Jika kamu ingin menggunakan riasan wajah di pagi hari, pilihlah foundation dan concealer yang memiliki formula bebas minyak.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.