JAKARTA, celebrities.id – Teks laporan percobaan sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang ingin melakukan sebuah eksperimen atau pengujian terhadap suatu fenomena atau perubahan suatu benda. 

Teks laporan percobaan dimaknai sebagai bentuk teks tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hasil kegiatan percobaan atau membuktikan sebuah teori.

Teks laporan percobaan umumnya juga digunakan untuk menguji karya ilmiah atau laporan praktikum. Isi dari teks laporan percobaan diawali dengan pemaparan tujuan, proses, hingga percobaan yang dibuat secara sistematis guna menunjukkan hasil percobaan secara objektif dan jelas.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (4/8/2022) telah merangkum teks laporan percobaan, sebagai berikut.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Merujuk pada Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP Kelas IX tentang Teks Laporan Percobaan (2018) oleh Dede Suryaman, teks laporan hasil percobaan diartikan sebagai sebuah teks tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis dan umumnya teks jenis ini digunakan untuk melakukan percobaan seperti karya ilmiah atau laporan praktikum.

Teks ini umumnya memaparkan data secara terperinci dari hasil praktik, pengamatan dan penelitian. Teks laporan hasil percobaan penting dibuat untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan dan rekaman data yang akan didapat.

Ciri Umum Teks Laporan Percobaan

a. Ciri yang pertama adalah mengacu pada hasil percobaan, pengamatan atau penelitian disertai pemecahannya.
b. Kemudian, pembahasan masalah teks laporan hasil percobaan dikemukakan secara obyektif sesuai dengan realita atau fakta dan kebenarannya dapat diuji.
c. Dibuat berdasar pada struktur isi teks secara runtut dan sistematis.
d. Memakai bahasa ilmiah baku, jelas, komunikatif dan logis.
e. Ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan.
f. Dibuat dengan menarik dan interaktif.
g. Bertujuan menuntaskan masalah-masalah yang dimunculkan secara terperinci dan lengkap.

Struktur Teks Laporan Percobaan

a. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan terdiri dari tiga unsur yakni latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penulisan melakukan percobaan.

b. Landasan Teori atau Kajian Pustaka

Landasan teori adalah paparan teori-teori yang dipilih. Landasan teori harus mempunyai hubungan dengan alternatif penyelesaian masalah yang dipilih.

c. Metode Percobaan

Metode percobaan merupakan langkah dan prosedur juga alat dan bahan yang dilakukan dalam pengumpulan data atau informasi untuk memecahkan permasalahan serta menguji hipotesis.

d. Paparan Data Hasil Percobaan

Paparan data dan hasil percobaan merupakan hasil yang ditemukan dan terjadi
dalam percobaan. Data yang telah diperoleh disusun sebagai laporan percobaan secara ringkas dan sistematis.

e. Kesimpulan

Kesimpulan adalah intisari dari hasil percobaan dan pembahasan. Bagian ini harus menjawab rumusan masalah yang diajukan sebelum percobaan dilakukan.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.