JAKARTA, celebrities.id – Sebagai orangtua, penting untuk tahu ketika si kecil sakit, akan dibawa ke dokter yang mana? Tapi, semakin kompleksnya penyakit yang ada saat ini, orangtua mungkin akan bingung menentukan dokter spesialis apa yang pas untuk menangani masalah anaknya. 

Tapi, menjadi pertanyaan sekarang apakah saat si kecil sakit, orangtua harus membawa anaknya ke dokter spesialis anak? Apakah tidak sebaiknya ke dokter umum dulu saja?

Orangtua mesti sadar bahwa sakit yang dialami anak-anak dengan orang dewasa itu berbeda, sekalipun nama penyakitnya sama misalnya flu. Karena perbedaan itu, penting bagi orangtua untuk membawa anaknya yang sakit ke dokter khusus anak, karena penanganan yang diberikan akan lebih tepat. 

“Walau jenis penyakitnya sama, misal diare, flu, sakit perut, atau masalah serius seperti jantung, gejala yang dialami berbeda dan penanganannya pun akan berbeda,” ujar Hospital Director of Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Benny H. Tumbelaka, SpOT, MHKes, MARS, Selasa (12/7/2022). 

Terlebih, makin ke sini penyakit yang dulunya hanya ada di orang dewasa, kini sudah banyak diidentifikasi pada usia anak-anak. Ini menjadi bukti bahwa saat ini masalah kesehatan sudah kompleks. 

“Karena itu diperlukan penanganan yang khusus dan komprehensif agar mendapatkan hasil yang maksimal dan penanganan yang tepat,” tuturnya. 

Dalam laporannya, diberikan satu kasus yaitu seorang anak mengalami keluhan awal bengkak dan nyeri sendi tanpa ada riwayat cedera sebelumnya. Setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam oleh dokter spesialis anak, ternyata bengkak dan nyeri itu merupakan gejala dari gangguan imunologi anak.

“Pada kasus yang demikian, itu artinya si anak memerlukan pertolongan medis dari dokter spesialis anak dengan sub spesialis alergi dan imunologi anak,” katanya. 

Karena kompleksnya masalah kesehatan pada anak, penting untuk orangtua memahami bahwa penanganan yang komprehensif akan jauh lebih memungkinkan tercapainya kesembuhan bagi si anak. 

“Pendekatan multi-subspesialis penting dipahami orangtua agar kebutuhan anak yang spesifik dapat dilakukan dengan tepat. Ini penting untuk meminimalisir risiko komplikasi yang tak diinginkan,” ucapnya.

“Semaki lengkap layanan pediatric-nya, maka kebutuhan anak yang kompleks dapat terakomodir. Sekali lagi, ini penting untuk memastikan kesehatan yang paripurna bagi si kecil,” tuturnya.

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.