Ritual Meditasi Diklaim Ampuh Obati Kecemasan, Gerakannya Simpel - GenPI.co
Ilustrasi dilanda kecemasan (Foto: Envato Elements)

GenPI.co – Meditasi ternyata membawa banyak manfaat di antaranya dapat meningkatkan tidur yang lebih baik dan meredakan kecemasan dan gelisah tingkat tinggi. 

Dalam studi Biologi Eksperimental 2018 di San Diego, CA, peneliti merekrut 14 pria dan wanita dengan kecemasan tinggi tetapi tekanan darah normal. 

Mereka menganalisis denyut jantung peserta, tekanan darah, tekanan darah aorta, dan kekakuan arteri (semua faktor yang terkait dengan kesehatan kardiovaskular) sebelum dan sesudah sesi meditasi.

BACA JUGA:  Penderita Kecemasan dan Depresi Rentan Kena Penyakit Kronis

“Hasil kami menunjukkan pengurangan yang jelas dalam kecemasan pada jam pertama setelah sesi meditasi, dan hasil awal kami menunjukkan bahwa kecemasan secara signifikan lebih rendah satu minggu setelah sesi meditasi,” kata penulis studi terkemuka John J. Durocher, Ph.D dilansir dari Mens Journal.

Apa yang membuat meditasi menjadi sederhana adalah, menurut Rinzler, seseorang hanya perlu melakukan tiga langkah: Duduklah dengan postur yang santai dan terangkat, bisa di kursi. Lalu berikan perhatian penuh pada nafas.

BACA JUGA:  Picu Penyakit Kronis, Kecemasan Bisa Ditanggulangi dengan 3 Cara

Bagian yang tidak mudah adalah mencoba untuk fokus pada napas tanpa terjebak dengan memikirkan hal lain.

Jika kamu pikir akan semakin gelisah saat bermeditasi, pikirkan lagi.

BACA JUGA:  Siapa yang Berpotensi Besar Mengidap Gangguan Kecemasan?

“Meminta pikiran untuk mati adalah seperti meminta hati untuk berhenti memukul – itu tidak akan terjadi, dan itu tidak akan sehat jika itu terjadi,” kata Rinzler.

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.