GenPI.co – Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim mengatakan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi salah satu sumbu utama penentu arah koalisi parpol menjelang Pemilu 2024.

“Partai Gerindra dan Prabowo Subianto akan menjadi salah satu tonggak sumbu utama penentu arah koalisi Pemilu 2024,” kata Hakim dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (19/7).

Dia menjelaskan hal itu dapat terjadi karena Partai Gerindra dan Prabowo memenuhi tiga kriteria dalam membangun koalisi, yaitu elektabilitas, tiket capres, dan tokoh capres.

BACA JUGA:  Langkah Tegas Kapolri Dikasus Penembakan di Rumah Ferdy Sambo

Terkait kriteria pertama, lanjutnya, Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas paling tinggi di antara sejumlah nama capres lainnya.

Selanjutnya, mengenai boarding pass, Hakim menilai Partai Gerindra, yang hanya butuh satu teman koalisi demi memenuhi aturan ambang batas 20 persen.

BACA JUGA:  Prasetyo Edi naik pitam, Anies Melangkahi Presiden Jokowi

“Apakah Partai Gerindra hanya cukup puas dengan satu teman koalisi saja atau lebih dari satu teman koalisi? Situasi ini akan sangat berdampak pada konstelasi koalisi yang akan terbentuk ke depan,” jelasnya.

Menurut dia, dari sembilan parpol yang memiliki kursi di DPR, jika terdistribusi secara proporsional untuk mendapatkan 20 persen kursi, maka paling banyak akan memunculkan empat kelompok koalisi.

BACA JUGA:  Menko Airlangga Sampaikan Kabar baik Covid-19, Semua Bisa Tenang

PDIP yang memiliki 22,3 persen kursi, tidak perlu mencari pasangan koalisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.