GenPI.co – Partai Gerindra dan Ketua Umum Prabowo Subianto dianggap menjadi salah satu sumbu utama penentu arah koalisi partai politik menjelang Pemilu 2024.

“Partai Gerindra dan Prabowo Subianto akan menjadi salah satu tonggak sumbu utama penentu arah koalisi partai politik jelang Pemilu 2024,” kata direktur eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim dalam keterangan resmi dikutip ANTARA, Selasa (19/7).

Dia menjelaskan hal itu dapat terjadi karena Partai Gerindra dan Prabowo memenuhi tiga kriteria dalam membangun koalisi, yaitu elektabilitas calon presiden (capres), kemungkinan mendapatkan tiket atau boarding pass menjadi capres, serta tokoh capres yang dinilai mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat.

BACA JUGA:  Jokowi dan Prabowo Dianggap Mampu Selesaikan 3 Persoalan Utama

Terkait kriteria pertama, lanjutnya, Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas paling tinggi di antara sejumlah nama capres, baik dari parpol maupun non-parpol, menjadi magnet tersendiri.

Selanjutnya, mengenai boarding pass, Hakim menilai Partai Gerindra, yang hanya butuh satu teman koalisi demi memenuhi aturan ambang batas 20 persen bagi parpol untuk bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden, bakal mempengaruhi bentuk koalisi.

BACA JUGA:  Pimpin Rute Kontestasi, Prabowo di Atas Angin

“Apakah Partai Gerindra hanya cukup puas dengan satu teman koalisi saja atau lebih dari satu teman koalisi? Situasi ini akan sangat berdampak pada konstelasi koalisi yang akan terbentuk ke depan,” jelasnya.

Terkait poin ketiga, lanjutnya, berdasarkan survei SSI pada 3-12 Juli ditemukan bahwa Prabowo merupakan tokoh nasional yang paling dipercaya masyarakat dapat mengatasi tiga persoalan utama di Tanah Air, selain Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:  Gerindra dan Prabowo Bisa Jadi Penentu Arah Koalisi Pilpres 2024

Prabowo, yang dianggap oleh mayoritas masyarakat Indonesia sebagai solusi untuk bisa mengatasi persoalan-persoalan utama mereka, makin menguatkan daya tariknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.