GenPI.co – Hasil survei dari Skala Survei Indonesia (SSI) menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul dalam perolehan elektabilitas sebagai calon presiden dibandingkan sembilan nama lainnya dengan capaian 25,08 persen.

“Dalam survei Skala Survei Indonesia (SSI) yang dilakukan pada rentang waktu 3 sampai 12 Juli 2022, Prabowo Subianto masih memimpin rute kontestasi,” kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim di Jakarta, Senin (18/7/2022).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 20,83 persen, disusul oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 20,75 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 5,92 persen, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 3,33 persen.

BACA JUGA:  Nasihat Surya Paloh ke Prabowo Soal Umur Dinilai Tepat Sasaran

Berikutnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperoleh elektabilitas sebesar 2,67 persen, Menteri BUMN Erick Thohir dengan 2,50 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani dengan 1,17 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 0,50 persen, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto 0,42 persen.

Menurut Hakim, tingkat elektabilitas para capres tersebut akan menjadi pertimbangan partai politik dalam membangun koalisi.

BACA JUGA:  Prabowo Sebut Nahdlatul Ulama Pilar Stabilitas Negara

“Rujukan tingkat eleksi capres-capres ini tentu akan menjadi pertimbangan parpol dalam membangun koalisi,” ujarnya.

Survei dari Skala Survei Indonesia pada tanggal 3 sampai 12 Juli 2022 ini dilakukan terhadap 1.200 responden. SSI menerapkan metode penarikan acak bertingkat (sampling multistage random).

BACA JUGA:  Dipasangkan dengan Siapa Pun, Prabowo Subianto Tak Tertandingi

Survei ini memiliki toleransi atau batas kesalahan (margin of error) sekitar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.