GenPI.co Kaltim – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di Kalimantan Timur dan daerah lain pada Minggu (3/7). 

Peringatan dini BMKG itu juga berpotensi terjadi di Provinsi Aceh, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Beberapa daerah lain juga berpotensi mengalami kejadian serupa, seperti Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. 

BACA JUGA:  BMKG Deteksi 8 Titik Panas di Kaltim, Waspadalah

Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang juga berpotensi terjadi di Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

BMKG menyebut daerah konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia Barat Lampung-Bengkulu, dari Laut Jawa hingga perairan timur Lampung.

BACA JUGA:  Peringatan BMKG, 11 Titik Panas Muncul di Kaltim

Hal yang sama juga terjadi dari perairan Kepulauan Sangihe hingga Laut Sulawesi da dari Laut Banda hingga pesisir timur Sulawesi Tenggara.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Arafuru hingga perairan Kepulauan Kai.

BACA JUGA:  Peringatan Dini BMKG, Hari Ini Warga Balikpapan Waspadalah

Selain itu, konvergensi juga memanjang dari Papua hingga Teluk Cendrawasih dan dari perairan selatan Biak hingga perairan Raja Ampat bagian utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari kaltim.genpi.co.