GenPI.co – Plt Wakil Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin blak-blakan membongkar permasalahan Papua saat merespons Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang berupaya mendamaikan Ukraina-Rusia.

Novel Bamukmin membeberkan, bahwa lebih baik Presiden Jokowi mengurus persoalan KKB Papua ketimbang mengurusi permasalah Rusia-Ukraina.

“Saya melihat mendingan Jokowi urus saja itu para teroris pemberontak di Papua yang jelas di depan mata tidak usah terlalu jauh ke Rusia dan Ukraina, karena biar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang urus,” kata Novel Bamukmin kepada JPNN.com, Jumat (1/7).

BACA JUGA:  3 Zodiak Paling Setia, Bikin Pasangan Hidup Bahagia

Pentolan PA 212 itu juga menyebutkan seharusnya Presiden Jokowi mendamaikan Israel-Palestina yang dinilai sebagai teroris sejati.

“Terus membantai warga Palestina. Bukan Rusia didamaikan dengan Ukraina, tetapi boleh saja asal Israel berani untuk didamaikan,” jelas Novel Bamukmin.

BACA JUGA:  Kajian Gus Baha: Allah Cinta Orang Bekerja Meski Tak Salat Jemaah

Novel Bamukmin menilai, Rusia punya komitmen akan berhenti perang ketika Israel juga tidak menjajah Palestina.

“Jokowi mau mendamaikan Rusia bisa dicurigai bahwa ingin menghentikan juga ancaman Rusia ke Israel, dan bisa dicurigai punya kepentingan terhadap Israel,” ungkap Novel Bamukmin.

BACA JUGA:  Kajian Gus Baha: Meski Kaya Raya, Jangan Berlebihan untuk Sedekah

Hal tersebut menurut Novel Bamukmin, berbanding lurus dengan KKB Papua yang ingin merdeka dari Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.