TABLOIDBINTANG.COM – Memiliki kulit sehat dan terawat merupakan impian semua orang. Namun sebelum mewujudkan impian tersebut, penting untuk mengetahui kondisi kulit dan kebutuhan kulit agar dapat memilih perawatan kulit yang sesuai dan efektif untuk mewujudkan kulit yang sehat. Pahami bahwa sebenarnya kondisi dan kebutuhan kulit dapat berubah sewaktu-waktu karena menyesuaikan beberapa faktor, yaitu internal seperti genetik dan penyakit, atau eksternal seperti perubahan cuaca dan keadaan udara. 

Sering kali kita memilih produk yang kita inginkan, namun kita melupakan atau bahkan tidak mengenali kebutuhan kulit. Hal tersebut yang membuat produk skincare kita malfungsi dan tidak bereaksi atau berfungsi maksimal pada kulit. Oleh karena itu, berikut adalah informasi mengenai kebutuhan kulit dan pilihan produk yang sesuai sebagai petunjuk untuk kamu:

1. Kulit dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi kulit yang kekurangan kadar air. Disebabkan oleh beberapa hal di antaranya kekurangan kadar air dalam tubuh, cuaca yang panas dan kering, serta rusaknya skin barrier. Kulit yang mengalami dehidrasi memiliki ciri seperti kulit kering dan kasar, kulit kusam, kulit terasa gatal hingga mengelupas, dan mulai muncul kerutan-kerutan halus pada kulit.

2. Kulit sensitif

Kulit sensitif adalah keadaan kulit di mana kondisi kulit mudah berubah-ubah seperti mudah muncul jerawat, kemerah-merahan, reaksi alergi dan mudah iritasi. Dilansir dari Alodokter, kulit yang sensitif ini disebabkan juga oleh berbagai faktor, antara lain polusi udara, cuaca yang berubah-ubah, reaksi terhadap suatu kandungan makanan/obat tertentu hingga perubahan hormon. Kondisi kulit sensitif ini perlu produk yang dapat menenangkan kulit sekaligus meredakan sensitivitas kulit tersebut.

3. Kulit kusam, hiperpigmentasi, dan bernoda hitam & bekas jerawat

Kulit kusam dan hiperpigmentasi merupakan ciri-ciri kulit yang tidak sehat dikarenakan kulit tersebut tidak terlihat lembab dan cerah, melainkan terlihat gelap tidak merata, dan tidak kenyal serta lembut. Selain itu, kulit kusam seringkali disertai dengan tekstur kulit yang tidak merata. Ditambah lagi, noda hitam yang muncul dan bekas jerawat yang tak kunjung hilang juga membuat kulit terlihat tidak cerah. Kebutuhan kulit ini disebabkan oleh antara lain menumpuknya sel kulit yang mati dan banyak memakan makanan yang manis. Selain itu, jerawat sesungguhnya adalah hal yang normal, namun bekas jerawat yang tak kunjung hilang dapat mengganggu penampilan.

4. Kulit yang mengalami penuaan

Ciri-ciri penuaan kulit di antaranya kulit seperti berkerut, menipis, dipenuhi flek hitam dan terdapat perubahan warna, serta tampak kendur yang dialami oleh orang seiring bertambahnya usia. Namun, remaja atau dewasa muda juga dapat mengalami kondisi kulit seperti itu yang disebut dengan penuaan dini. Kondisi kulit ini memiliki faktor antara lain bertambahnya usia sebagai faktor utama, paparan sinar matahari UV serta radikal bebas, serta kebiasaan merokok, minum alkohol dan bergadang. 

Setelah mengenal kebutuhan kulit saat ini, penting bagi kita untuk memilih produk skincare yang tepat untuk dapat bisa merawat kulit secara efektif agar dapat memiliki kulit yang sehat dan berkelanjutan. Beberapa kandungan yang cocok untuk merawat masing-masing kebutuhan kulit adalah Hyaluronic Acid, Peptides, BHA, Centella Asiatica (Cica), Ceramide, hingga Vitamin C. Kini hadir produk dalam bentuk kit yang berasal dari brand SNP asal Korea Selatan yang dikemas menyesuaikan kebutuhan kulit di atas. SNP menghadirkan 4 kit dengan fungsi yang berbeda-beda untuk membantu merawat kondisi kulit yang sedang dialami. Kit ini juga dilengkapi face cleansing brush dan cermin kecil yang bisa kamu dapat secara gratis.

Artikel ini bersumber dari www.tabloidbintang.com.