GenPI.co – Pengamat sepak bola Vietnam, Nguyen Thanh Vinh memberikan kritik keras atas wacana Timnas Indonesia yang bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Beberapa hari terakhir, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapat desakan dari para penggemar Timnas Indonesia untuk hengkang dari Federasi Sepak bola Asia Tenggara (AFF).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bahkan mengaku sudah berkomunikasi dengan EAFF soal kepindahannya dari AFF.

BACA JUGA:  Beredar Isu Indonesia Resmi Keluar AFF ke EAFF, Ternyata Hoaks

“Iya, mereka (EAFF) sudah menyampaikan sesuatu lewat Sekjen (PSSI Yunus Nusi). Mereka senang kalau kami bergabung ke sana. Namun, kami mesti menghitung terlebih dahulu,” kata Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (19/7).

Sebagian besar penggemar berharap PSSI bisa bergabung dengan EAFF yang dinilai memiliki level pertandingan di atas AFF.

BACA JUGA:  PSSI Jalin Komunikasi dengan EAFF, Indonesia Keluar dari AFF?

Desakan ini merupakan buntut dari ketidakpuasan penggemar atas aturan AFF yang menyebabkan Timnas Indonesia U-19 gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Jakarta dan Bekasi pekan lalu.

Kagagalan tersebut dipastikan setelah Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1, sehingga Indonesia kalah head-to-head dalam klasemen kecil meskipun mendulang poin sama dan unggul selisih gol.

BACA JUGA:  Wacana Gabung EAFF, Timnas Indonesia Bakal Lawan Korsel & Jepang?

Hasil imbang 1-1 tersebut diduga melanggar asas fair play, lantaran Vietnam dan Thailand terlihat berkompromi untuk tidak menambah gol agar keduanya bisa lolos bersama, sekaligus menyingkirkan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.