TOKYO, celebrities.id – Klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy melakukan tindakan tegas dengan memecat penerjemah bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan bernama Auliya Agung Barkah.

Agung dipecat setelah membocorkan informasi susunan pemain Tokyo Verdy ketika Arhan menjalani debutnya di Negeri Sakura.

Sebagaimana diketahui, Arhan akhirnya mendapatkan laga perdananya bersama Tokyo Verdy dalam pekan ke-26 kontra Toshigi SC pada Rabu (6/7/2022) sore. Namun, jauh dari sebelum susunan pemain dalam pertandingan itu dirilis secara resmi, informasi soal debut eks PSIS Semarang itu telah diketahui oleh publik.

Hal itu terjadi lantaran Agung mengunggah susunan pemain Tokyo Verdy di Instagram pribadinya pada Selasa 5 Juli 2022.

Alhasil, debut Arhan bersama klub anyarnya itu sudah diketahui lebih awal oleh publik. Dalam pernyataan yang dirilis oleh Tokyo Verdy di laman resmi klub pada Rabu (7/6/2022), kejadian tersebut bermula pada Selasa siang waktu setempat.

Pihak klub mengetahui bahwa Agung telah mengunggak susunan pemain mereka dan langsung menyuruhnya untuk menghapusnya saat itu juga. Pihak Tokyo Verdy pun telah mengonfirmasi kepada Agung mengenai perbuatannya itu. Sang penerjemah mengaku bahwa dirinya tidak berniat untuk mendapatkan keuntungan pribadi apapun dari unggahan tersebut atau berupaya untuk menguntungkan lawan.

Namun, pada akhirnya setelah melakukan dialog dengan yang bersangkutan, Tokyo Verdy mengambil tindakan tegas.

Mereka memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Agung alias memecatnya. Keputusan tersebut diambil karena Tokyo Verdy berpegang pada aturan yang telah dibuat oleh pihak Liga Jepang. Tepatnya adalah pada aturan Bab 1 Pasal 3 yang menjelaskan Kewajiban yang harus dilakukan.

Peraturan tersebut menjelaskan bahwa setiap staf ‘dilarang untuk membocorkan atau mengungkapkan rahasia atau keadaan internal apapun kepada pihak ketiga’.

Berdasarkan hal itu, Agung dianggap bersalah karena melanggar peraturan sehingga akhirnya dipecat. Dalam rilis tersebut, Tokyo Verdy pun menyatakan bakal mengevaluasi internal tim mereka, terutama mengenai sosialiasi peraturan tersebut. Baik kepada para pemain atau pun semua orang-orang yang berkaitan langsung dengan tim.

Arhan sendiri menjalani debutnya bersama Tokyo Verdy selama 45 menit saja. Dia di posisikan sebagai sayap kanan, yang merupakan bukan pos naturalnya yang ada di bek kiri. Lalu, saat babak kedua dimulai, pemain yang bersinar di Piala AFF 2020 lalu itu pun ditarik keluar.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.